PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 NGEBEL TAHUN AJARAN 2013/2014

HARIYANINGSIH, MEGA IDA (2014) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 NGEBEL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
depan.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text
Word SKRIPSI MEGA IDA jadii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Hariyaningsih, Mega Ida. 2014. “Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngebel Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kata kunci: Pengaruh, Teknik Pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS), Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas VII yang menggunakan teknik pembelajaran Active Knowledge Sharing dan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional khususnya pada materi aljabar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Ngebel yang berjumlah 124 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik random terhadap subjek. Subjek yang dimaksud adalah kelas VIIA-VIIF. Sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 2 kelas, yaitu kelas VIIC sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan teknik pembelajaran Active Knowledge Sharing dan kelas VIIA sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Prestasi belajar yang digunakan pada penelitian ini didapat dari ranah kognitif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan angket respon untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran yang baru. Instrumen penelitian berupa data nilai ulangan harian siswa yang diperoleh dari tes tertulis (post test) yang berbentuk esai. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis uji beda rata-rata dan ditarik kesimpulan. Dan data angket respon siswa diperoleh dari lembar respon yang telah disebarkan kepada siswa kelas eksperimen. Hasil penelitian, nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 02 May 2014 04:20
Last Modified: 02 May 2014 04:20
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item