PENGARUH KEGIATAN TAHFIDZUL QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN AKHLAK SISWA KELAS VI MI DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO

Rustiawan, Agus (2019) PENGARUH KEGIATAN TAHFIDZUL QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN AKHLAK SISWA KELAS VI MI DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (606kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (910kB)

Abstract

Kata Kunci : Tahfidzul Qur’an , Peningkatan Akhlak Siswa Al-Qur’an merupakan sumber utama yang memancarkan ajaran Islam. Hukum-hukum Islam yang mengandung pengetahuan mengenai akidah, pokok-pokok alkhlak dan amal perbuatan dapat kita jumpai semuanya didalam ayat-ayat Al-Quran. Terkait dengan upaya yang dilakukan madrasah dalam merubah dan meningkatkan akhlak siswanya, dalam hal ini sangat bermacam-macam. Diantaranya yaitu melalui kegiatan shalat dhuha, dzikir, hafalan Al-Quran, ikut kegiatan serta memberikan bimbingan dan penyuluhan. Dilembaga MI Darul fikri kegiatan tahfidzul Qur’an adalah cara yang dipilih guna meningkatkan akhlak siswa. Dengan harapan siswa bisa memilik akhlak yang mulia seperti akhlak Rasulullah, seperti yang dijelaskan dalam hadist, bahwa akhlak rosulullah adalah Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan tahfidzul Qur’an dan akhlak siswa kelas VI MI Darul Fikri. Serta mengetahuiseberapa besar pengaruh kegiatan tahfidzul Qur’an terhadap akhlak siswa kelas VI MI Darul Fikri. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MI Darul Fikri yang terdiri dari 2 rombel dengan jumlah 43 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier serderhana dengan menggunakan aplikasi SPSS. 17 untuk mengetahui hasil data yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan tahfidzul Quran di MI darul Firki menggunakan berbagai metode diantaranya dalah metode talqin, tasmi’ atau sorogan, muraja’ah dan qissah. Hal ini bertujuan untuk membantu dalam meningkatkan akhlak baik siswa kelas VI MI darul Firki. Kegiatan tahfidzul Quran terbukti efektif dalam membantu siswa meningkatkan akhlak baik mereka. Hal ini berdasarkan olah data yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara kegiatan tahfidzul Quran terhadap peningkatan akhlak siswa kelas VI MI darul Firki Bringin Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 37,6% sedangkan 62,4% akhlak siswa dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dan belum terungkap dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul Qur’an, Peningkatan Akhlak Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 24 Sep 2019 01:55
Last Modified: 24 Sep 2019 02:28
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4942

Actions (login required)

View Item View Item