HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA MTs MUHAMMADIYAH 2 JENANGAN PONOROGO

Sholikah, Ani (2019) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA MTs MUHAMMADIYAH 2 JENANGAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
halaman depan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (373kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci :Gaya, Belajar, Kemampuan, Menghafal Gaya belajar merupakan cara yang digunakan oleh seseorang agar mudah memahami sesuatu yang dia pelajari. Dalam proses menghafal Al-Qur’an tentunya seseorang memiliki cara tersendiri agar hafalan mereka bisa bertambah secara signifikan.Cara tersebut bervariasi, bisa dengan visual, audiotorial dan juga kinestetik. Tentunya dalam penggunaan gaya belajar bisa jadi dilakukan secara bersamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi dengan program SPSS 16. Populasi penelitian ini sebanyak 178 siswa dengan sampel 123 siswa.Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Chi Square dengan variable bebas gaya belajar (X) dan variable terikat kemampuan menghafal Al-Qur’an (Y). Hasil dari penelitian ini diperoleh data: (1)Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan kemampuan menghafal siswa MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo. Dengan signifikasi antara gaya belajar visual dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an sebesar 0,000, selain itu t hitung bernilai 4,311>t tabel 1,657.Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar menghafal siswa MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Dengan nilai t hitung 4,234> t tabel 1,657.Danterdapat hubungan dalam gaya belajar kinestetik dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo dengan t hitung 2,286 >t tabel 1,657. (2) Adapun besarnya pengaruh antara gaya belajar dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo ada 3 macam. Pertama, pengaruh gaya belajar visual sebesar 44% yang masuk dalam kategori sedang. Kedua, pengaruh gaya belajar audiotorial sebesar 24% yang masuk dalam kategori rendah. Ketiga, pengaruh gaya belajar kinestetik sebesar 23% dengan kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya belajar visual memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap hafalan Al-Qur’an siswa dibandingkan dengan gaya belajar audiotorial dan kinestetik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya, Belajar, Kemampuan, Menghafal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:51
Last Modified: 24 Sep 2019 03:51
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4943

Actions (login required)

View Item View Item