INTEGRASI PENANAMAN ADAB SANTRI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE TADAARUS (STUDI KASUS DI PESANTREN MAHASISWA AL-MANAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO)

Azizah, Channa Nur (2019) INTEGRASI PENANAMAN ADAB SANTRI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE TADAARUS (STUDI KASUS DI PESANTREN MAHASISWA AL-MANAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx.pdf

Download (700kB)

Abstract

Kata kunci: Penanaman Adab, Metode Tadaarus Adab memiliki kedudukan yang sangat penting dalam agama Islam. Adab menjadi hal yang harus tertanam dalam diri manusia. Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam mencapai visinya yaitu menjadi universitas yang unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berdasarkan nilai-nilai Islam mengemban tugas menanamkan adab kepada mahasiswa untuk membentuk perilaku beradab. Melalui adab salah satu kegiatan intra kampus yaitu program Pesantren Mahasiswa Al-Manar ingin menjadikan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo menjadi insan yang beradab. Pesantren tersebut menjadikan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an sebagai jalan untuk menanamkan adab. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu tentang bagaimana bentuk integrasi penanaman adab santri dalam pembelajaran Al-Qur’an Metode Tadaarus serta faktor pendukung dab penghambat integrasi penanaman adab dalam pembelajaran Al-Qur’an Metode Tadaarus. Tujuan dari penelitian yang dilakukan di Pesantren Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk integrasi penanaman adab dalam pembelajaran Al-Qur’an Metode Tadaarus, strategi integrasi penanaman adab serta hasil dari integrasi penanaman adab dalam pembelajaran Al-Qur’an Metode Tadaarus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (Qualitatif Researh). Dimana proses penilaian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata maupun kalimat tertulis atau lisan dari seseorang dan perilaku yang dapat diamati secara langsung. Sedangkan pemilihan informan dipilih dengan metode pengambilan judgment sampling. Dengan metode ini peneliti memilih informan dengan terlebih dahulu memutuskan jumlah yang akan diambil dengan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang diambil dari objek yang ada di Pesantren Mahasiswa Al-Manar. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk integrasi penanaman adab yang mencakup tentang membaca mafudzot atau kata mutiara serta mengenang sosok yang berpengaruh dalam hidup. Kemudian strategi integrasi penanaman adab yang meliputi membaca dan memahami isi al-Qur’an, penerapan larangan dan perintah, memberi nasehat dan memberi teladan. Hasil penelitian yang terakhir yaitu tentang hasil integrasi penanaman adab santri yang meliputi semangat dalam belajar, kesabaran dalam menjalankan aktivitas, sopan dan santun kepada musyrif/ah serta menghargai dan mensyukuri pertemanan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Penanaman Adab, Metode Tadaarus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:09
Last Modified: 04 Jun 2020 03:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4947

Actions (login required)

View Item View Item