POLA PEMBINAAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBIASAAN NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI MTs NURUL FIKRI DESA WATUPATOK KECAMATAN BANDAR KABUPATEN PACITAN

Daniati, Daniati (2019) POLA PEMBINAAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBIASAAN NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI MTs NURUL FIKRI DESA WATUPATOK KECAMATAN BANDAR KABUPATEN PACITAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (461kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya pembinaan karakter mandiri pada peserta didik merupakan hal utama pada program lembaga Madrasah Tsanawiyah Nurul Fikri Watupatok. Kemandirian harus diperkenalkan sejak kecil. Kemandirian identik dengan kedewasaan dan dalam berbuat sesuatu tidak harus ditentukan sepenuhnya dengan orang lain. Kemandirian anak sangat diperlukan dalam rangka membekali mereka untuk menjalani kehidupan yang akan datang. Dengan kemandirian seorang anak akan mampu menentukan pilihan yang ia anggap benar dan bertanggung jawab atas resiko dan konskuensi yang diakibatkan dari pilihannya tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk - bentuk pembiasaan nilai – nilai Pendidikan Islam dan bagaimana pola pembinaan karakter mandiri melalui pembiasaan nilai – nilai Pendidikan Islam di MTs Nurul Fikri Desa Watupatok. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola pembinaan karakter mandiri melalui nilai-nilai Pendidikan Islam di MTs Nurul Fikri Watupatok yaitu pertama, bentuk-bentuk pembiasaan dalam nilai-nilai Pendidikan Islam di MTs Nurul Fikri Watupatok adalah melalui bentuk kegiatan terjadwal yaitu: (1) Mengaji (baca Al-Qur’an) untuk menanamkan nilai-nilai keimanan kepada siswa bahwa Al-Qur’an sebagai sumber hukum serta menyadari bahwa pedoman hidup adalah kitab Alloh (Al-Qur’an); (2) Shalat Duha dan Duhur berjamaah untuk menanamkan kepada siswa akan rasa takut kepada Alloh dan untuk keselamatan hidup dunia akhirat serta menyadari bahwa melaksanakan shalat adalah kewajiban setiap muslim; (3) Istighosah sebagai sarana mendekatkan diri kepada Alloh dan rasa takut akan azab Alloh SWT. Serta kesadaran bahwa berdo’a merupakan kebutuhan setiap pribadi dan menyadari segala kejadian alam, bencana dan bahaya adalah suatu peringatan Alloh SWT; (4) Kepramukaan menumbuhkan rasa cinta alam serta mengakui akan kebesaran Alloh dan menyadari bahwa kenyamanan hidup adalah kebutuhan dan menyadari pula bahwa seluruh alam adalah ciptaan Alloh SWT; dan (4) Kegiatan Upacara untuk membiasakan siswa bersikap tertib dan disiplin serta mempertebal rasa semangat kebangsaan dan menyadari peraturan-peraturan yang berlaku dan setiap individu adalah bagian dari masyarakat berbangsa dan bernegara yanng harus mampu bersikap bela negara. Kedua, pola pembinaan karakter mandiri melalui pembiasaan nilai-nilai Pendidikan Islam di MTs Nurul Fikri Watupatok adalah melalui kegiatan pengkondisian yaitu : (1) Keteladanan yang membuat siswa mampu meniru perbuatan baik dan mempunyai kesadaran dalam mencari suri tauladan yang baik untuk meningkatkan kepribadiannya; (2) Nasihat adalah kemampuan siswa untuk menerima masukan orang lain serta kesadaran untuk membimbing hati dan jiwa agar selaras dengan kebaikan; dan (3) Teguran adalah upaya mendorong kesiapan siswa merubah tingkah laku buruk menjadi baik dan kesadaran diri untuk menerima perbaikan dari orang lain. Kata Kunci: Pola Pembinaan, Karakter Mandiri, Nilai – nilai Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola Pembinaan, Karakter Mandiri, Nilai – nilai Pendidikan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:24
Last Modified: 24 Sep 2019 07:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4948

Actions (login required)

View Item View Item