PENGARUH METODE TALAQQI TERHADAP HAFALAN AL QUR’AN JUZ 30 SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO TAHUN AJARAN 2018/2019

Trianjani, Desi (2019) PENGARUH METODE TALAQQI TERHADAP HAFALAN AL QUR’AN JUZ 30 SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (844kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II Skripsi.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB III Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
Bab IV Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB V Skripasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Talaqqi, Hafalan Al Qur’an Metode belajar Al Qur’an yang berkembang saat ini begitu banyak. Salah satunya yaitu metode talaqqi. Metode talaqqi adalah metode menghafalan Al Qur’an yang dilakukan secara berulang-ulang yang dilakukan oleh guru dan diikuti oleh siswa. Metode ini diterapkan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu dalam membantu siswa untuk menghafal Al Qur’an. Lembaga Sekolah Dasar Muhammadiyah juga memiliki cara untuk membekali siswa dalam meningkatkan kecerdasan spiritual, emosional, serta intelektual dalam diri setiap individu siswa melalui hafalan Al Qur’an. Salah satu cara untuk meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa dengan cara menerapkan metode talaqqi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman penerapan metode talaqqi terhadap hafalan Al Qur’an Juz 30 siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Serta mengetahui seberapa besar pengaruh metode talaqqi terhadap hafalan Al Qur’an Juz 30 siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu Ponorogo yang terdiri dari 5 rombongan belajar yakni, kelas IV Al Bayan, Al Busyro, Al Furqon, Al Hikmah dan Al Huda dengan jumlah 133 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan untuk pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi liner sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS 17 untuk mengetahui hasil data penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian dapat disimpu kan bahwa penerapan metode talaqqi di SDMT Ponorogo kelas IV diterapkan dengan menggunakan 5M yaitu, menerangkan, mencontohkan, menirukan, menyimak serta mengevaluasi. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa dalam menghafal Al Qur’an secara tahsin dengan baik. Metode talaqqi terbukti efektif dalam membantu siswa menghafalkan Al Qur’an. Hal ini berdasarkan olah data yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara metode talaqqi terhadap hafalan Al Qur’an juz 30 siswa kelas IV SDMT Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 54% dan untuk selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi, Hafalan Al Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:35
Last Modified: 04 Jun 2020 03:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item