Utami, Indah Putri (2019) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PAI MELALUI KEGIATAN JUM’AT RELIGIUS (STUDY KASUS DI SDN 2 SRITI KECAMATAN SAWOO KABUPATEN PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
Halaman Depan.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (796kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
Text
Lampiran-lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Peningkatan Mutu, PAI , Jum’at Religius. SDN 2 Sriti merupakan Sekolah yang berada diwilayah pegunungan, yang cukup jauh dari pusat kota dan juga jauh dari lembaga-lembaga pendidikan keagamaan. Pendidikan Agama Islam menjadi sebuah kebutuhan yang cukup mendasar sebagai media untuk membangun karakter peserta didik. Mutu pembelajaran disekolah menjadi sebuah tuntutan, begitu juga dengan mutu pembelajaran PAI, sangat di butuhkan sebuah motivasi dan strategi tertentu agar mutu pembelajaran PAI menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi apa dan bagaimana yang dilakukan SDN 2 sriti dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI, Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan juga menjadi penghambat peningkatan mutu pembelajaran di SDN 2 Sriti Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Metode yang di gunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, yang sering disebut dengan metode penelitian naturalistik, karena penelitian dilakukan pada keadaan yang alamiyah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam hal ini peneliti terjun langsung di lapangan untuk mengetahui peristiwa yang akan di teliti. Obyek penelitian ini adalah strategi yang dilakukan SDN 2 Sriti sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran PAI. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul berkaitan dengan strategi peningkatan mutu pembelajaran PAI di SDN 2 Sriti akan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami bahwa strategi yang dilakukan SDN 2 Sriti dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI adalah dengan menyelenggarakan kegiatan di luar kelas yaitu Jum’at Religius, yang merupakan strategi alternatif dan fleksibel dengan menyelenggarakan pembelajaran tambahan khusus PAI di hari jum’at dengan materi pembelajaran pembinaan baca Al-Quran, hafalan juz’ama, dan bimbingan ibadah praktis. Kegiatan ini menjadi strategi yang cukup mendukung pembelajaran di dalam kelas, disamping menyenangkan kegiatan ini cukup menarik peserta didik untuk mempelajari Agama islam. Disamping itu juga kegiatan ini mendapatkan dukungan dan apresiasi yang cukup baik dari komite dan wali murid. Adapun faktor pendukung kegiatan ini adalah semangat kebersamaan dari pihak sekolah untuk meningkatkan wawasan, ketrampilan dalam beragama bagi siswa. Karena dengan pendidikan pembiasaan ini karakter religius peserta didik dapat terbangun. Faktor penghambat kegiatan ini adalah faktor sarana-prasarana yang belum terpenuhi, terutama mushola sekolah. Sehingga kegiatanya kadang kala di lapangan, kadang kala di ruang kelas dan kadang kala meminjam mushola di lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Mutu, PAI , Jum’at Religius. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 02:26 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 02:26 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4956 |
Actions (login required)
View Item |