KONSEP TA’DIB PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL ATTAS DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER

Jaya, Indra (2019) KONSEP TA’DIB PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL ATTAS DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Dalam upaya mengembalikan tujuan pendidikan islam kepada jalan yang selama ini terlupakan, bahwa tujuan Allah menciptakan manusia tidak hanya untuk beribadah dan menjalankan syariatnya, tetapi Allah memilih manusia sebagai khalifah atau sebagai pemimpin di muka bumi dan juga diperlukan usaha-usaha untuk melihat, menganalisis, menggolongkan, dan juga mengobservasi suatu objek serta menarik kesimpulan untuk menggapai hal tersebut. Baik usaha yang bersifat membangun kembali konsep ta’dib yang di bawa al attas atau bahkan lebih cenderung kepada memperbaiki sistem yang sudah ada, sesuai dengan konsep dasar yang telah digariskan, salah satu usaha membangun kembali relevansi orientasi pendidikan islam yang mulai terintimidasi oleh romanisasi adalah mengembalikan konsep pendidikan islam yang mengedepankan ta’dib. Ta’dib sebagai suatu konsep pendidikan islam yang berorientasi kepada pembentukan individu melalui pendekatan filosofis melalui data primer dari karya al attas sendiri atau data sekunder yang berupa data pendukung yang pernah belajar dari al attas sendiri yang dapat di gunakan di dalam masyarakat tanpa mengesampingkan kemampuan intelektual dan skill merupakan salah satu usaha yang sangat perlu untuk di bangkitkan pada masa modern ini. Dan juga implikasinya dalam konsep ta’dib adalah cakupan dari ilmu dan amal dalam pendidikan agar manusia menghasilkan pribadi dan tingkah laku keimanan, dan pendidikan karakter sebagai pembentukan moral yang harus di miliki peserta didik maupun guru pendidik itu sendiri, agar di dalam pembentukan karakter dan psikologis saling berkaitan dalam hubungan sosial masyarakat. Kata Kunci: Konsep Ta’dib, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep Ta’dib, Pendidikan Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:11
Last Modified: 25 Sep 2019 04:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item