IMPLEMENTASI QAILULAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEDISIPLINAN PADA MURID MI TAHFIZH AL FURQON PONOROGO

Nurjayati, Nurjayati (2019) IMPLEMENTASI QAILULAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEDISIPLINAN PADA MURID MI TAHFIZH AL FURQON PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN BARU.pdf

Download (524kB)

Abstract

Kata Kunci: Qailulah, Karakter Kedisiplinan Islam adalah agama yang mulia dan sempurna yang mengatur segala urusan. Salah satunya mengenai urusan tidur dan istirahat. Tidur yang menghidupkan sunnah adalah qailulah. Qailulah atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan tidur siang dalam pelaksanaannya perlu pemahaman dan pembiasaan sejak dini dan perlu praktik secara langsung, sebagaimana yang diterapkan di MI Tahfizh Al Furqon Ponorogo. Implementasi qailulah yang diterapkan sangat dipengaruhi bagaimana metode yang digunakan guru, sehingga dengan ini peneliti berkeinginan meneliti implementasi qailulah yang diterapkan di MI Tahfizh Al Furqon Ponorogo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui implementasi qailulah dalam menanamkan nilai karakter kedisiplinan pada murid MI Tahfizh Al Furqon Ponorogo, (2) Mengetahui hasil implementasi qailulah dalam menanamkan nilai karakter kedisiplinan pada murid MI Tahfizh Al Furqon Ponorogo (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi qailulah dalam menanamkan nilai karakter kedisiplinan pada murid MI Tahfizh Al Furqon Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil data dari siswa MI Tahfizh Al Furqon sebagai objek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menggali data yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian yang peneliti temukan adalah sebagai berikut: (1) implementasi qailulah dalam menanamkan nilai karakter kedisiplinan pada murid MI Tahfizh Al Furqon Ponorogo berjalan dengan baik dibuktikan dengan metode yang digunakan guru sangat efektif diantaranya, pendampingan intensif guru, ketegasan guru dan konsisten dalam perintah, meminta murid tidur, pendekatan kasih sayang, hitungan jari, peringatan, kesepakatan dan motivasi, kompetisi dan metode pengadaban, (2) hasil implementasi qailulah dalam menanamkan nilai karakter kedisiplinan pada murid MI Tahfizh Al Furqon Ponorogo diantaranya, disiplin belajar siang, sholat tepat waktu, muroja’ah sore di rumah tidak mengantuk, terbiasa melaksanakan qailulah di madrasah dan di rumah, (3) faktor pendukung ditandai dengan adanya kebijakan dari madrasah, adanya fasilitas dari madrasah, dukungan dari orang tua serta pembawaan guru, sedangkan penghambatnya, fasilitas di kamar mandi dipinjam tanpa izin, air mati secara mendadak, masih ada guru yang menempuh S1.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Qailulah, Karakter Kedisiplinan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:04
Last Modified: 26 Sep 2019 04:04
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4961

Actions (login required)

View Item View Item