PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN AKHLAQUL KARIMAH MELALUI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN SISWA DI MI TERPADU AL-MADINAH BALONG PONOROGO

Lestari, Putri (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN AKHLAQUL KARIMAH MELALUI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN SISWA DI MI TERPADU AL-MADINAH BALONG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I locked.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II locked.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB III locked.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV loked.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
BAB V locked.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA locked.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRANN locked.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Penanaman Akhlaq, Tahfidzul Qur’an. MI Terpadu Al Madinah Balong memiliki suatu permasalahan yakni peran kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo yang merencanakan program menekankan pada penanaman akhlaqul karimah dan program tahfidzul Qur’an. Siswa yang memiliki akhlaq yang santun sejak mereka datang disekolah, maupun dalam bergaul terhadap guru, orang tua dan lainnya. Memiliki program unggulan tahfidzul Qur’an yang bertujuan untuk mencetak generasi yang cinta Allah dan Rasul-Nya serta mencintai Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang: (1) Penanaman akhlaqul karimah di MI Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo, (2) Peran kepala sekolah dalam menanamkan akhlaqul karimah melalui program tahfidzul Qur’an di MI Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo. Penelitian meruakan penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode non statistik, yaitu analisis data deskriptif. Aktifitas dalam analisis data meliputi: data reduction, data display (penyajian data), dan conclusion. Hasil temuan penelitian ini sebagai berikut (1) Penanaman akhlaqul karimah di MI Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo yakni pemberian tausiyah atau teladan Rasulullah, penyambutan anak untuk menumbuhkan sikap tawadhu’ pada diri peserta didik, pengontrolan adab dan akhlaq setiap hari, melakukan pertemuan dengan wali, pemberian contoh yang baik dari para ustadz dan ustadzah secara langsung. (2) Peran kepala sekolah dalam menanamkan akhlaqul karimah melalui program tahfidzul Qur’an di MI Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo sebagai (a) educator: memakai model pembelajaran yang menarik, menciptakan suasana yang nyaman nyaman, memberikan nasihat, pemberian sanksi; (b) manajer: memberikan pembinaan BTQ, dan fasilitas program tahfidzul Qur’an; (c) administrator: Kerjasama dengan bendahara madrasah dalam pengelolaan keuangan; (d) supervisor: mengontrol peserta didik dalam proses belajar, bimbingan berkelanjutan untuk tenaga kependidikan. e). Leader: memberikan pendampingan terhadap perencanaan program; (f). Innovator, pembelajaran tahfidzul Qur’an yang efektif, dan melakukan kerjasama dengan wali dalam hafalannya di rumah; (g). Motivator, meliputi: memberikan motivasi kepada pendidik dan peserta didik. (3) Faktor pendukung dalam pembentukan akhlaaa dan tahfidz Al Qur’an adalah dukungan dari semua pihak baik dari dalam maupun luar, kerjasama antar ustadz dan ustadzah dengan para wali santri. Faktor penghambat: kurangnya komunikasi wali murid dengan ustadz dan ustadzahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Penanaman Akhlaq, Tahfidzul Qur’an.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:13
Last Modified: 26 Sep 2019 04:13
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item View Item