UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SDIT LENTERA HATI BUNGKAL PONOROGO

Sayudi, Sayudi (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SDIT LENTERA HATI BUNGKAL PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Upaya Guru, Pembelajaran, Hafalan Al-Qur’an Lembaga pendidikan itu akan bertahan dan lebih maju jika didalamnya terbentuk pendidikan yang menyimpan nilai nilai akhlak yang baik dan juga mempunyai keunggulan keunggulan tertentu. Akan tetapi tidak banyak yang bisa melakukan seperti ini dikarenakan ada kekurangan kekurangan di bagian-bagian tertentu, termasuk kurangnya SDM yang pas di bidangnya. Mayoritas pendidikan di Indonesia ini adalah sekolah sekolah islam dan pendidikan yang diminati oleh masyarakan dan wali murid adalah sekolah yang didalamnya ada hafalan al-Qur’an. Karena al-Qur’an adalah wahyu Alloh Ta’ala yang diturunkan kepada RasulNya yaitu Nabi Muhammad SAW sebagai seorang Utusan Allah Ta’ala untuk digunakan sebagai pedoman hidup, petunjuk bagi ummat akhir zaman terutama bagi siapa yang berIman kepadaNya. Cara yang baik untuk menanggulangi hal ini yaitu dengan memberikan wadah berupakan Lembaga yang menanamkan Al-Qur’an, di mana peserta didik tidak hanya belajar pendidikan umum tetapi juga dapat belajar Al-Qur’an dan menghafalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk upaya guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa di SDIT Lentera Hati Bungkal Ponorogo, untuk mengetahui hasil hafalan Al Qur’an siswa di SDIT Lentera Hati Bungkal Ponorogo Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat hafalan Al Qur’an siswa di SDIT Lentera Hati Bungkal Ponorogo. Metode Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif diskriptip dengan metode penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi untuk memperoleh data yangdilakukan untuk mengecek kembali hasil dari wawancara dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Upaya Guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an yang digunakan di SDIT Lentera Hati Bungkal Ponorogo yaitu metode wafa, Kreatifitas Guru, metode guru yang menyenangkan. (2) Siswa berhasil menghafalkan lebih dari 3 juz dan mengikuti perlombaan tahfidz serta dapat menunjukkan saat wisuda Tahfidz (3) Faktor pendukung meliputi motivasi, fasilitas, kecerdasan orangtua, serta ketenangan hati,dan penghambat yaitu kurang menguasi makhorijul huruf, kurang sabar, manajemen waktu yang kurang baik, serta gadget.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Pembelajaran, Hafalan Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:14
Last Modified: 27 Sep 2019 02:31
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4965

Actions (login required)

View Item View Item