IMPLEMENTASI METODE TADABBUR QUR’AN MELALUI PROGRAM OUTSCHOOL DALAM MENINGKATKAN AQIDAH PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MI ALAM ISLAMIC CENTER PONOROGO)

Syafa’atur, Rosyidah (2019) IMPLEMENTASI METODE TADABBUR QUR’AN MELALUI PROGRAM OUTSCHOOL DALAM MENINGKATKAN AQIDAH PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MI ALAM ISLAMIC CENTER PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAAMAN DEPAN LOCKED.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB 1 LOCKED.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II LOCKED.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB III LOCKED.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV LOCKED.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB V LOCKED.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LOCKED.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN LOCKED.pdf

Download (462kB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Tadabbur Qur’an, Aqidah. Masyarakat Islam saat ini sadar akan penerapan pendidikan Islam sejak dini. Hal ini ditinjau dengan banyaknya lembaga sekolah dengan basis islam mempromosikan program tahfidzhul qur’an sebagai ikon pembelajarannya, akan tetapi tak banyak lembaga tersebut yang membina program tadabbur qur’an sebagai implementasi dari tahfidzul qur’an yang telah dilakukakannya. Keberhasilan implementasi metode tadabbur qur’an tentunya akan berdampak pada peningkatan aqidah. Kegiatan tadabbur qur’an yang di adakan oleh MI Alam Islamic Center Ponorogo telah dilakukkan dengan kegiatan Out School, sehingga secara efektif dapat mengningkatkan aqidah sebagai penerapan program tahfidzul qur’an. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mengetahui implementasi metode tadabbur qur’an melalui program out school dalam meningkatkan aqidah peserta didik di MI Alam Islamic Center Ponorogo, (2) mengetahui strategi pengelolaan lingkungan program out school dalam meningkatkan aqidah peserta didik di MI Alam Islamic Center Ponorogo, (3) hasil dari implementasi metode tadabbur qur’an melalui program out school dalam meningkatkan aqidah peserta didik di MI Alam Islamic Center Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) proses implementasi metode tadabbur qur’an melalui program out school dalam meningkatakan aqidah peserta didik melalui tiga tahapan yaitu: tilawah, tazkiyah dan ta’lim, (2) strategi pengelolaan lingkungan belajar pada program Out School ialah: salah satunya adalah area out school harus memenuhi aturan yang memadai, (3) implementasi metode tadabbur qur’an melalui program out school dalam meningkatakan aqidah peserta didik adalah keberhasilan pelaksanaan program sesuai dengan kurikulum di MI Isamic Center Ponorogo dan adanya pengembangan diri dalam bidang Out School seperti memanah, berenang dan hasta karya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Tadabbur Qur’an, Aqidah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2019 03:01
Last Modified: 27 Sep 2019 03:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4969

Actions (login required)

View Item View Item