PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SDN 2 SIDOREJO PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

FITRIANA, YENI (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SDN 2 SIDOREJO PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SAMPUL DEPAN.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Fitriana, Yeni. 2013.Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Menerapkan Teori Belajar Konstruktivisme pada siswa Kelas V SDN 2 Sidorejo kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing:Intan Sari Rufiana, S.Pd Kata Kunci : Prestasi belajar dan Konstruktivisme Rendahnya prestasi belajar siswa yang diperoleh, dipengaruhi oleh anggapan siswa bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, kurang menyenangkan serta pembelajaran yang masih monoton yaitu metode ceramah yang membuat anak jenuh belajar di kelas, kurangnya kesempatan siswa untuk memahami konsep-konsep yang diajarkan. Sehingga siswa menjadi pasif dan tidak dapat mengembangkan kemampuan diri secara optimal. Dari Permasalahan yang ada rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakahdengan menerapkan Teori Belajar Konstruktivisme dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa KelasV SDN 2 Sidorejo tahunpelajaran 2012/2013? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Sidorejo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes hasil belajar, data respon siswa diperoleh dari angket respon siswa, Kemudian semua data yang terkumpul dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori pembelajaran Konstruktivisme dapat meningkatkanprestasi belajar matematika siswa Kelas V SDN 2 SidorejoTahun Pelajaran 2012/2013 yaitu pada siklus I rata-rata prestasil belajar siswa yang diperoleh adalah 50% dan respon siswa yaitu 3,54. Pada siklus 2 prestasi belajar siswa naik menjadi 73,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Prestasi belajar matematika siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan Teori Belajar Konstruktivisme yang berkaitan dengan materi pokok yang dibahas dan presentasi kelas oleh siswa. 2) Respon siswa tinggi. Saran yang dapat diajukan adalah: 1)Pembelajaran dengan menerapkan Teori belajar Konstruktivisme dapat digunakan pada pembelajaran matematika Kelas V SDN 2 Sidorejo, karena pembelajaran dengan menerapkan Teori belajar Konstruktivismedapat meningkat prestasi belajar siswa. 2)Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif utamanya dalam pelajaran matematika, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 03 May 2014 03:41
Last Modified: 03 May 2014 03:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item