PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

OKTAVIA, NOVI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Artikel NoviO.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER ke2 & Motto.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text
BAB I new rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Oktavia, Novi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 4 Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Drs. Jumadi, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe TAI, Keaktifan dan Hasil Belajar. Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika dan keaktifan siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Ponorogo. Hal ini terlihat apabila siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, siswa cenderung diam dan tidak mau bertanya. Padahal keaktifan siswa tersebut sangat diperlukan guna mencapai keberhasilan proses belajar mengajar. Untuk menciptakan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar maka diperlukan suatu model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI). Dimana model pembelajaran tersebut berorientasi pada keaktifan, baik secara mental, sikap, maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa VII A SMP Negeri 4 Ponorogo yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan 1) Keaktifan belajar siswa, dari siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 63,54% menjadi 73,26% pada siklus II dan siklus III sebesar 76,04%; 2) Hasil belajar matematika siswa yang diambil dari ranah kognitif dan ranah afektif. Untuk ranah kognitif dari tes siklus dimana siklus I diperoleh rata-rata 57,58 dengan ketuntasan klasikal sebesar 58,33%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 76,03 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,56%. Dan siklus III nilai rata-rata sebesar 79,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,89%. Sedangkan ranah afektif didapat dari lembar observasi afektif siswa dimana pada siklus I diperoleh persentase sebesar 48,26%. Pada siklus II diperoleh persentase afektif siswa sebesar 56,25%. Dan siklus III diperoleh persentase sebesar 66,32% dengan peningkatan sebesar 10,07%; 3) Persentase respon siswa pada siklus I sebesar 87,85% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,19%. Sedangkan pada siklus III persentase respon siswa sebesar 90,28%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 03 May 2014 03:46
Last Modified: 03 May 2014 03:46
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item