PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 2 KECAMATAN BUNGKAL

ARIANI, VITA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 2 KECAMATAN BUNGKAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. COVER DLL.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
2. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img]
Preview
Text
7. jurnal skripsi vita ariani.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. lampiran-lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Ariani, Vita. 2013. “Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal”. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing: Erika Eka Santi, M. Si Kata kunci: Hasil Belajar, model Pembelajaran kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Pembelajaran belum melibatkan siswa aktif, siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered Heads Together). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIID yang berjumlah 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar kerja siswa, lembar observasi, dan angket respon siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dengan satu kali pembelajaran dan satu kali tes siklus. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal; (1) pelaksanaan pembelajaran guru termasuk kategori tinggi dengan presentase 83, 33% meningkat 91, 67%: guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan topik pembelajaran, guru menerangkan materi, siswa mengerjakan LKS NHT secara kelompok, guru mengambil nomor NHT secara random, siswa dengan nomor yang terambil mempresentasikan hasil diskusi, menyimpulkan materi, guru memberikan penghargaan kelompok; (2) pada siklus 1 hasil presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 34, 48%, presentase afektif siswa 39, 16%. pada siklus 2 hasil presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 72, 41%, presentase afektif siswa 81, 89% , presentse psikomotorik siswa terlihat sebesar 77%; (3) angket respon siswa menunjukkan siswa tertarik pada pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered heads together) dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa, selain itu siswa mampu lebih aktif didalam proses pembelajaran. Interaksi yang terjadi antar siswa adalah interaksi yang mengkaji materi pembelajaran sehingga diperlukan pengawasan yang lebih dari guru agar interaksi tersebut dapat terlaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Amanda Candra Pratiwi
Date Deposited: 06 May 2014 02:45
Last Modified: 06 May 2014 02:45
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item