Erwahyudin, Devid Dwi (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ADAB PADA PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN (Studi Multikasus di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan Ponorogo dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Dolopo Kabupaten Madiun). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (382kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (621kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pendidikan Adab, Tahfidz Al-Qur’an Pendidikan Adab dan Tahfidz Al-Qur’an saat ini jadi pilihan bagi orang tua untuk dapat membentengi anak-anaknya dari tantangan negatif yang disebabkan oleh perubahan zaman yang semakin kompleks. MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan Ponorogo dan MI Muhammadiyah Dolopo Kabupaten Madiun adalah lembaga pendidikan dasar yang berkomitmen untuk menerapkan pendidikan adab dan Tahfidz Al-Qur’an sebagai program unggulan Madrasah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana Konsep, Implementasi dan Implikasi Pendidikan Adab pada Program Tahfidz Al-Qur’an di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan Ponorogo dan MI Muhammadiyah Dolopo Kabupaten Madiun. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi multikasus. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode interview, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan analisis kualitatif non statistik dengan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya. Kesimpulan dari hasil penelitian di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan Ponorogo dan MI Muhammadiyah Dolopo Kabupaten Madiun berkaitan dengan Pendidikan Adab pada Program Tahfidz Al-Qur’an yaitu (1) Dalam merumuskan sebuah desain atau konsep Pendidikan Adab dan Tahfidz Al-Qur’an diperlukan sebuah analisa berdasarkan kondisi lingkungan Sekolah atau Madrasah. (2) kunci awal dari suksesnya program Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah adalah penerapan Pendidikan Adab pada anak, “Adab sebelum ilmu, Iman sebelum Al-Qur’an”, (3) Metode Talaqqi paling efektif diterapkan pada siswa dalam menghafalkan Al-Qur’an. (4) Penerapan Pendidikan Adab pada Program Tahfidz Al-Qur’an berdampak positif terhadap kepercayaan masyarakat kepada Madrasah, dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pendidikan serta siswa memiliki kepribadian yang baik saat berinteraksi dengan orang lain dan pada saat belajar di sekolah, dirumah, maupun di lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Adab, Tahfidz Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 03:07 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 03:07 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5012 |
Actions (login required)
View Item |