Suyatni, Suyatni (2019) PERAN MASJID DALAM PENDIDIKAN AKHLAK (Studi Kasus di Masjid Besar BaitusShomadTegalomboPacitan). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
-protect-cover_suyatni.pdf Download (491kB) |
|
Text
-protect-BAB__I.pdf Download (102kB) |
|
Text
-protect-BAB_II.pdf Download (409kB) |
|
Text
-protect-BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
Text
-protect-BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
Text
-protect-BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
-protect-DAFTAR_PUSKATA.pdf Download (85kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (408kB) |
Abstract
Kata kunci. PeranMasjid, Pendidikan Akhlak. Masjid sebagai lembaga pendidikan Islam yang tertua yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad perlu dijaga dan dipelihara eksistensinya sampai sekarang. Kalau dilihat dari sejarahnya, kaum muslimin telah memanfaatkan masjid untuk tempat beribadah, lembaga pendidikan dan pengetahuan Islam. Jadi pada zaman dahulu masjid adalah tempat yang digunakan sebagai pusat kajian Islam, bahkan merupakan tempat memutuskan hukum Islam. Masjid Besar BaitusShomad Kecamatan Tegalombo Kab. Pacitan terletak di sekitar km 34 jalan raya Ponorogo–Pacitan. Masjid yang berdiri megah di atas lahan seluas kurang lebih 3000 meter persegi ini di kenal sebagai masjid transit di samping masjid kebanggaan masyarakat Tegalombo. Masjid ini dibangun oleh masyarakat, pemerintah daerah, dan para penyumbang dana, serta Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila. Masjid lembaga pendidikan Islam itu diantarannya untuk mendidik anak agar tetap beribadah kepada Allah, menanamkan rasa cinta kepada ilmu pengetahunan dan menanamkansolidaritas sosial, serta menyadarkan hak-hak dan kewajiban-kewajibannya sebagai insan pribadi, sosial dan warga negara, dan rasa ketenraman, dan kemakmuran potensi-potensi rohani manusia melalui pendidikan kesabaran, perenungan, optimis, dan mengadakan penelitia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian terjun kelapangan dengan menganalisis obyek yang diteliti, dan peneliti berperan sebagai instrument, Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik pengelolaan data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian peran masjidBaitusShomadsebagaipusatpendidikan akhlak diantaranya adalah sebagaiberikut: pertama, peran kopi jujur dijadikan sebagai media untuk melakukan pembiasaanmasyarkat berbuat jujur dan pembelajaran anti kurupsi, kedua, perangazibu mampu mengalihkan prilaku negatif para remaja,ketigapondok malam Ahad dapat membekali ilmu-ilmu agama pada remaja. Dampak pendidikan akhlak di masjid BaitusShomad di antaranya: pertama, kopi jujur merupakan cerminan diri kita dalam melaksanakan kejujuran dan rasa tanggu jawab, kedua, gazibu membawa perubahan para remaja menjadi lebih baik mampu mengalihkan haluan para remaja untuk berbuat penyimpangan, ketiga, pondok sabtu malam Ahad.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PeranMasjid, Pendidikan Akhlak. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 03:08 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 03:08 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5017 |
Actions (login required)
View Item |