IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KELAS (PDCI,BILINGUAL, DAN REGULER) MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTSN PONOROGO

Hanifah, Yu'la (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KELAS (PDCI,BILINGUAL, DAN REGULER) MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTSN PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
halaman depan .pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN1.pdf

Download (119kB)

Abstract

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran dalam rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dimiliki lembaga pendidikan yang berciri khas agama Islam yang dalam Undang-undang SISDIKNAS tahun 2003 pasal 37 menyatakan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat pendidikan agama. MTsN Ponorogo dengan kekhasan dan keunikannya yang menarik untuk diteliti, karena memiliki tiga program, yaitu Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI), Bilingual dan Reguler. Penelitian yang dilakukan bertujuan mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis kelas (PDCI, Bilingual dan Reguler) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Ponorogo? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis kelas (PDCI, Bilingual dan Reguler) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis kelas? (4) Apa faktor penghambat dan pendukung pembelajaran berbasis kelas (PDCI, Bilingual dan Reguler) pada matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Ponorogo? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di MTsN Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan konklusi. Hasil penelitianmenunjukkan: (1) Perencanaan pada program PDCI, Bilingual dan Reguler dilakukan sebelum tahun ajaran baru dimulai, dalam perencanaan dibuat RPP, media dan penilaian, sedangkan silabus beserta KI dan KD berasal dari Kementerian Agama dan materi pada program PDCI. (2) Pelaksanaan Pembelajaran pada program PDCI, Bilingual dan Reguler, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup sesuai RPP. Kegiatan mengeksplorasi pada program PDCI dan Bilingual menggunakan internet, buku teks, dan LembarKerjaSiswa, pada program Reguler menggunakan buku teks dan Lembar Kerja Siswa. Kegiatan mengkomunikasikan pada program PDCI dan Bilingual lebih luas materi presentasi dan lebih berbobot pertanyaan dalam diskusi. (3) Evaluasi Pembelajaran siswa berupa penilaian pengetahuan dan keterampilan, hasil penilaian menunjukkan bahwa nilai evaluasi pada PDCI mendapatkan nilai yang rata-rata tinggi, sedangkan pada blingual juga tinggi walaupun beberapa peserta didik memiliki nilai rendah, sedangkan pada regular mendapatkan rata-rata nilai cukup dan nilai tinggi rendah lebih variatif.(4) Fakor penghambat adalah fasilitas internet pada program reguler belum maksimal, faktor pendukung setiap kelas sudah memiliki proyektor. Kata kunci: Pembelajaran berbasis kelas, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis kelas, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:08
Last Modified: 07 Oct 2019 03:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5019

Actions (login required)

View Item View Item