ANALISIS PENYELENGGARAAN FESTIVAL REYOG NASIONAL XX TAHUN 2013 UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN PEMERINTAH DAERAH PONOROGO

ARIFIN, IMAM NUR (2014) ANALISIS PENYELENGGARAAN FESTIVAL REYOG NASIONAL XX TAHUN 2013 UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN PEMERINTAH DAERAH PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP IPIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

ABSTRAK Arifin, Imam Nur. 2014. Analisis Penyelenggaraan Festival Reyog Nasional XX Tahun 2013 untuk Meningkatkan Perekonomian Pemerintah Daerah Ponorogo. Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I: Dra. Ekapti Wahjuni Dj, M.Si, Pembimbing II: Dian Suluh Kusuma Dewi, M.Ap. Perekonomian menjadi sumber kekayaan alam, sumber daya manusia, akumulasi kekuatan, kekuasaan, serta kebijaksanaan yang akan diterapkan dalam kegiatan produksi dan distribusi, nilai social budaya, serta pertahanan dan keamanan yang memberikan jaminan lancarnya roda kegiatan ekonomi suatu bangsa. Yang akan menjadi fokus kebijakan Pemerintah Daerah dalam seluruh proses penyelenggaraan pemerintah daerah. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan perekonomian Pemerintah Daerah Ponorogo dalam penyelenggaraan Festival Reyog Nasional dari tahun ke tahun yang dapat mengerakkan roda perekonomian seluruh lapisan masyarakat dan Pemerintah Daerah Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif yaitu dengan cara analisis yang menggambarkan keadaan obyek berdasarkan data yang dikumpulkan dari lapangan penelitian dan tidak menggunakan data statistik. Dengan kata lain penelitian yang bersifat deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara tepat tentang karakteristik dan obyek yang diteliti atau menggambarkan suatu fenomena. Adapun alasan penggunaan metode penelitian ini adalah untuk mempermudah dalam menjelaskan dan menjabarkan mengenai obyek yang diteliti. Sebagaimana telah diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Ponorogo menjadi pelopor utama tentang penyelenggarkan Festival Reyog Nasional dengan tujuan Reyog Ponorogo bisa tetap exsis dan tidak tergeser oleh budaya asing, selain itu mempromosikan Kabupaten Ponorogo sebagai Kota Budaya bisa dikenal atau diketahui keberadaannya lewat kesenian Reyog yang dimiliki oleh Kabupaten Ponorogo. Hasil yang dicapai oleh Pemerintah Daerah Ponorogo dalam Festival Reyog Nasional XIX Tahun 2012 dan Festival Reyog Nasional XX Tahun 2013 mengalami peningkatan. Pendapatan Pemerintah Daerah saat penyelengaraan Festival Reyog Nasional, perbandingannya dapat dilihat dari penyelenggarakan FRN XIX tahun 2012 dengan pendapatan sekitar Rp. 99.970.000,- belum termasuk dari sponsor dan penyelenggrkan FRN XX Tahun 2013 yaitu sekitar Rp. 109.199.000,- belum termasuk dari sponsor juga. Dapat diambil suatu kesimpulan bahwa upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan Festival Reyog Nasional setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan terwujudnya tujuan Pemerintah Daerah Ponorogo yang mampu memajukan kesenian Reyog Ponorogo sebagai kekayaan budaya daerah dalam menunjang kebudayaan nasional, serta mengangkat kesenian Reyog Ponorogo sebagai daya tarik wisata yang berdampak luas untuk semua masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Government Science
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 06 May 2014 01:32
Last Modified: 06 May 2014 01:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item