WIKANDARU, GADING (2014) PERSEPSI SIKAP MASKULIN WANITA DALAM IKLAN REJOICE VERSI “TANTANGAN 48 JAM” TAHUN 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (540kB) | Preview |
|
Text
Skripsi-bab1-3.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (610kB) |
||
Text
Bab 3-4 Revisi (01).pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK GADING WIKANDARU, 2014, PERSEPSI SIKAP MASKULIN WANITA DALAM IKLAN REJOICE VERSI “TANTANGAN 48 JAM” TAHUN 2013 DI KELURAHAN MANGKUJAYAN RT 06/RW 03 PONOROGO, Dosen Pembimbing: Eli Purwati, S.Sos. Penampilan pelaku iklan yang memberikan kesan positif, kemudian menjadikan seseorang terdapat daya tarik yang lebih baik dan masyarakat akan merepresentasikan sikapnya terutama tentang maskulinitas wanita sebagaimana yang termuat dalam iklan tersebut, khususnya dalam penampilannya sebagai seorang model yang penuh kesibukan dan aktivitas yang padat, kemudian selama 48 jam tidak keramas keadaan rambutnya masih dalam kondisi yang sangat indah dan menarik, akhirnya diharapkan masyarakat dapat menangkap pesan yang termuat dan tersirat dalam iklan tersebut, sehingga muncul minat dan keinginan untuk melakukan pembelian produk rejoice. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana persepsi sikap maskulin wanita dalam iklan Rejoice versi tantangan 48 jam di Kelurahan Mangkujayan Rt 06/ Rw 03 Ponorogo ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana persepsi sikap maskulin wanita dalam iklan Rejoice versi tantangan 48 jam, di Kelurahan Mangkujayan Rt 06/ Rw 03 Ponorogo. Kemudian metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan analisis kajian semiotik Ferdinand De Saussure. Hasil analisa dan pembahasan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa: Iklan TV Rejoice versi “tantangan 48 jam” mengandung nilai maskulin wanita yang dikemas dalam sebuah adegan dan setting ala kehidupan wanita remaja yang bersaing dalam sebuah kompetisi. Pengemasan nilai maskulinitas wanita yang terdapat dalam iklan tersebut masih memperhatikan etika periklanan serta tidak mengandung unsur pornografi. Konsep cerita yang tidak logis menimbulkan asumsi bahwa iklan tersebut menonjolkan sisi hiburan yang humoris semata. Sehingga nilai maskulinitas wanita yang ditampilkan pun sekedar menjadi penambah daya tarik hiburan bagi pemirsa.Pengaruh iklan rejoice versi tantangan 48 jam menjadi daya tarik masyarakat dalam memilih shampoo untuk digunakan dalam keramas dalam mendapatkan rambut yang indah dan sehat. Kata Kunci: Persepsi sikap maskulin wanita, Iklan Rejoice
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science |
Depositing User: | Editor FISIP |
Date Deposited: | 06 May 2014 03:47 |
Last Modified: | 06 May 2014 03:47 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/512 |
Actions (login required)
View Item |