PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PERDESAAN (PPIP) DI DESA NGRANGET KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

DEWI, LINA KUMALA (2014) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PERDESAAN (PPIP) DI DESA NGRANGET KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER & ABSTRAK.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI LINA KUMALA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (928kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

ABSTRAK PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PERDESAAN DI DESA NGRANGET KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN Oleh : Lina Kumala Dewi NIM :10. 220. 844 Jurusan : Ilmu Pemerintahan Pembimbing : Drs. Bambang Triono Di dalam pelaksanaan pembangunan partisipasi masyarakat sangat berperan penting. Hal ini dikarenakan bahwa dalam merealisasikan proyek pembangunan mudah mengalami acaman kegagalan-kegagalan sepanjang tidak memberdayakan penduduk terkait dalam semua proses yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil dan pengawasan pembangunan. Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) adalah program pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat. dimana masyarakat harus terjun langsung dalam pembangunan desanya, terutama pembangunan fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) di Desa Ngranget Kecamatan Daganga kabupaten Madiun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah jumlah Kepala Keluarga yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan rabat beton di Desa Ngranget yang berjumlah 95 KK. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 12 Orang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi.Teknik analisa data yakni mendeskripsikan hasil penelitian atau data dengan wujud apa yang didapatkan penulis baik itu hasil wawancara, atau hasil dokumentasi baik secara lisan maupun tulisan kemudian diteliti dan dipelajari dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan rabat beton di Desa Ngranget berupa pikiran (perencanaan) tergolong rendah, partisipasi berupa tenaga tergolong tinggi, partisipasi berupa keahlian tergolong cukup rendah, dalam bentuk barang tergolong rendah, dan partisipasi bentuk uang tergolong sangat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Government Science
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 06 May 2014 06:30
Last Modified: 06 May 2014 06:30
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item