UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PERMAINAN BONEKA BERJALAN SETTING KOOPERATIF PADA MATERI BILANGAN BULAT DI SDN 2 NOLOGATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HANIF ACHMADIN, TAUFIQ (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PERMAINAN BONEKA BERJALAN SETTING KOOPERATIF PADA MATERI BILANGAN BULAT DI SDN 2 NOLOGATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Artikel.doc

Download (102kB)
[img] Text
SAMPUL KU.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB Iku.doc
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
BAB IIku.doc
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB IIIku.doc
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IVku.doc
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB Vku.doc
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (36kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Permainan Boneka Berjalan Kurangnya aktivitas siswa terhadap pembelajaran matematika di SDN 2 Nologaten Ponorogo mengakibatkan hasil belajar siswa yang nilai mata pelajaran matematikanya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), sehingga untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada penelitian ini akan diterapkan metode permainan Boneka Berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode permainan Boneka Berjalan. 2) Peningkatan aktivitas belajar siswa di dalam kelas dengan menggunakan metode permainan Boneka Berjalan. 3) Peningkatan respon siswa terhadap metode permainan Boneka Berjalan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan dengan 2 kali pembelajaran dan 1 kali evaluasi akhir siklus, dan begitu pula pada siklus 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes, observasi aktivitas, observasi KBM, dan angket respon siswa. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan banyak siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa (53,33%), aspek aktivitas pada pertemuan ke-1 dan ke-2 sebanyak 4 aspek aktivitas, persentase pengelolaan KBM pertemuan ke-1 sebesar (65,38%) dan pertemuan ke-2 (67,31%), persentase respon siswa sebesar (62,38%). Hasil Penelitian siklus 2 menunjukkan banyak siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa (82,14%), aspek aktivitas meningkat pada pertemuan ke-1 dan ke-2 menjadi sebanyak 5 aspek aktivitas, persentase pengelolaan KBM pertemuan ke-1 sebesar (76,92%) dan pertemuan ke-2 (80,77%), persentase respon siswa meningkat menjadi sebesar (79,08%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Metode permainan boneka berjalan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat kelas V SDN 2 Nologaten Ponorogo. 2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan dan mencapai kriteria aktif. 3) Respon siswa terhadap metode permainan boneka berjalan meningkat. Saran yang dapat diajukan adalah: 1) Dalam pembelajaran siswa diusahakan untuk mandiri menemukan sendiri dan guru bertindak sebagai fasilitator saja. 2) Siswa selalu diberi kepercayaan dan dukungan untuk berani menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi mengenai pelajaran. 3) Pada pelaksanaan pembelajaran, guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi dan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 May 2014 02:36
Last Modified: 08 May 2014 02:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item