MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK TK DENGAN BERMAIN KOTAK ANGKA PADA MATERI BERHITUNG KELOMPOK B, TA. BAZIS CRABAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ROCHMATIN, SITI (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK TK DENGAN BERMAIN KOTAK ANGKA PADA MATERI BERHITUNG KELOMPOK B, TA. BAZIS CRABAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
BAB 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Peningkatan Aktivitas Belajar Anak TK, Bermain Kotak Angka. Pembelajaran TK pada dasarnya adalah belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar sehingga pembelajaran di TK harus dikemas dalam bentuk permainan yang menyenangkan serta memberikan alternative kegiatan agar anak dapat beraktivitas sesuai dengan pembelajaran, oleh karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat dan dapat memotivasi anak dalam belajar matematika Rumusan masalah penelitian adalah sebagai berikut : Bagaimana penerapan kotak angka dalam meningkatkan aktivitas belajar anak TK kelompok B, TA. BAZIS Crabak Tahun Pelajaran 2012/2013? Dari rumusan masalah penelitian di atas, maka penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas belajar anak TK dengan bermain kotak angka di kelompok B, TA. BAZIS Crabak Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian tersebut dilaksanakan pada tanggal 4-5 Maret 2013 di TA. BAZIS Crabak, Slahung Kelompok B Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian tersebut dilaksanakan dengan 2 siklus. Proses pembelajaran berlangsung tertib dan lancar, serta anak dapat melakukan konsep pembelajaran yang diinginkan oleh peneliti. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) metode pengumpulan data yang digunakan adalah motode observasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah hasil observasi aktivitas anak dan observasi guru. Aktivitas belajar Matematika anak TK dengan bermain kotak angka pada materi berhitung menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dan efektif. Kesimpulan tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan persentase anak yang memperoleh nilai bintang 3 (¶¶¶) dan 4 (¶¶¶¶) semakin meningkat. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas ini sudah dapat dikatakan berhasil dengan predikat baik. Hasil pengamatan kemampuan anak pada siklus 1 adalah 2,27 % dan termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus 2 hasil pengamatan kemampuan anak adalah 2,98 % termasuk dalam kategori baik. Berarti ada kenaikan hasil kemampuan anak selama siklus 1 sampai siklus 2. Hasil pengamatan aktivitas anak selama pembelajaran secara keseluruhan efektif. Hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus 1 yaitu 94,11 % dan siklus 2 yaitu 97,05 % berarti ada peningkatan persentase dan sudah termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 May 2014 03:19
Last Modified: 09 May 2014 03:19
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item