UTOMO, WASIS (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE SNOWBALL DRILLING PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 KECAMATAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
cover.docx Download (84kB) |
||
|
Image
Halaman Persetujuan.jpg Download (430kB) | Preview |
|
|
Image
Lembar Pengesahan.jpg Download (410kB) | Preview |
|
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
Text
BAB II.docx Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Kata Kunci: hasil belajar, aktivitas , respon, metode snowball drilling Kurangnya rasa percaya diri siswa bisa berakibat buruk terhadap penyerapan ilmu siswa atau pemahaman atas materi yang diberikan. Sehingga nantinya bisa mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa. Pemilihan metode yang asal-asalan tentu saja tidak boleh dilakukan oleh seorang pendidik karena penerapan metode pembelajaran yang baik dan benar sangatlah penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui metode tersebut sudah baik dan benar tentu saja harus disesuaikan dengan materi dan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran. Metode snowball drilling sangat sesuai untuk melatih keberanian siswa dan tentu saja diharapkan mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran snowball drilling dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Kecamatan Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran snowball drilling dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi keliling dan luas segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Kecamatan Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. (3) Untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran snowball drilling dapat meningkatkan respon positif siswa pada materi keliling dan luas segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Kecamatan Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan metode pembelajaran snowball drilling dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas, dan respon positif siswa pada materi keliling dan luas segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Kecamatan Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. Peningkatannya yaitu sebagai berikut: (1) rata-rata hasil belajar mereka menjadi 77,08 (mengalami peningkatan 8,14) dan persentase ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 15,63% dari siklus sebelumnya. (2) aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 80,34% (meningkat 14,58%). (3) respon siswa terjadi peningkatan menjadi 78,13% (meningkat 15,63%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 May 2014 03:26 |
Last Modified: | 12 May 2014 03:26 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/536 |
Actions (login required)
View Item |