HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TEKANAN DARAH PADA REMAJA Di Warnet QP JL Lawu Ponorogo

Suryono, Ahmad (2019) HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TEKANAN DARAH PADA REMAJA Di Warnet QP JL Lawu Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN KESELURUHAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Game online saat ini menjadi hiburan yang menarik bagi jutaan orang baik anak, remaja, hingga dewasa. Namun bermain game online secara terus menerus dapat mengganggu kesehatan seperti gangguan sirkulasi, pusing, migrain atau vertigo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek dari intensitas bermain game online terhadap tekanan darah pada remaja. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan korelasi dengan metode cross sectional. Populasi sejumlah 130 remaja, dan sampel 56 responden yang didapatkan melalui teknik purpossive sampling. Pengumpulan data intensitas bermain game menggunakan kuesioner dan tekanan darah diukur menggunakan spygmomanometer dan stetoskop. Data dianalisa menggunakan uji statistik spearman-rank software IBM SPSS Statistic version 16.0. Hasil penelitian terhadap 56 responden didapatkan 26 responden (46,4%) bermain game online dengan intensitas sedang, 25 responden (44,6%) intensitas berat, dan 5 responden (8,9%) intensitas ringan. Sedangkan pengukuran tekanan darah didapatkan 51 responden (91,1%) dengan tekanan darah normal, dan 5 responden (8,9%) mengalami peningkatan tekanan darah. Dari hasil analisa uji statistik spearman-rank menunjukkan nilai signifikan p value = 0,097 (ɑ > 0,05). Dapat diartikan tidak ada hubungan antara intensitas bermain game online dengan tekanan darah pada remaja di warnet QP JL Lawu Ponorogo. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bermain game online secara intens tidak berpengaruh terhadap tekanan darah. Namun bagi orang tua tetap diperlukan pengawasan terhadap anaknya yang bermain game online, terutama yang bermain dengan intensitas berat agar tidak terkena dampak negative permainan ini seperti kerusakan pada saraf mata dan otak, serta penurunan kesehatan jantung karena kurangnya waktu tidur.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: game online, tekanan darah, remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Ahdani Subhan
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:25
Last Modified: 06 Aug 2020 03:25
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5402

Actions (login required)

View Item View Item