PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MEDIA BUKU GAMBAR SERI SISWA KELOMPOK B DARMAWANITA GELANGKULON 1 SAMPUNG KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

TRISNANINGSIH, TRISNANINGSIH (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MEDIA BUKU GAMBAR SERI SISWA KELOMPOK B DARMAWANITA GELANGKULON 1 SAMPUNG KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
SAMPUL-bar.doc

Download (53kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB IVrevisi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
daftar pustaka.doc

Download (32kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Kemampuan bercerita, media buku gambar seri Bercerita merupakan satu aktiviti yang menarik perhatian kanak-kanak kerana melalui bercerita mereka dapat memahami sesuatu itu dengan lebih mendalam secara tidak langsung mengaktifkan daya imaginasi kanak-kanak untuk berfikir dengan lebih kreatif. Melalui teknik penceritaan kanak-kanak dapat belajar dalam suasana yang gembira dan ceria. Kanak-kanak akan lebih mudah faham apabila mereka belajar dalam keadaan mereka bersedia dan ceria kerana mereka akan lebih mudah faham dan ingat apa yang telah mereka pelajari Gambar berseri merupakan sejumlah gambar yang menggambarkansuasana yang sedang diceritakan dan menunjukkan adanyakesinambungan antara gambar yang satu dengan lainnya, sedangkan gambar lepas merupakan gambar yang menunjukkan situasi ataupun tokohdalam cerita yang dipilih untuk menggambarkan situasi-situasi tertentu,antara gambar satu dengan lainnya tidak menunjukkan kesinambungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran bercerita dengan menggunakan media buku gambar seri siswa kelompok B TK Dharmawanita Gelangkulon 1 Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012., Adakah peningkatan kemampuan bercerita melalui media buku gambar seri siswa kelompok B TK Dharmawanita Gelangkulon 1 Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 .” Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata Ada peningkatan kemampuan bercerita melalui media buku gambar seri siswa kelompok B TK Dharmawanita Gelangkulon 1 Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian pada siklus I dengan rata-rata 70,33 siklus II dengan rata-rata 83,33, dan siklus III dengan rata-rata 93,00. Peningkatan yang signifikan itu dapat dicapai karena kegiatan pembelajaran setiap siklusnya dibuat lebih menarik dan kreatif. Kegiatan pembelajaran yang menarik dan kreatif memudahkan anak-anak dalam penerapan media buku gambar seri . Peningkatan hasil prosentase yang terjadi pada tiga siklus tersebut membuktikan bahwa hipotesa yang berbunyi ada peningkatan kemampuan bercerita melalui media buku gambar seri siswa kelompok B TK Dharmawanita Gelangkulon 1 Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Amanda Candra Pratiwi
Date Deposited: 12 May 2014 04:20
Last Modified: 12 May 2014 04:20
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item