IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU GAME MAZELABIRIN DAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 1 BADEGAN

Safangati, Alfi (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU GAME MAZELABIRIN DAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 1 BADEGAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
0. HALAMAN DEPAN (Judul-Daftar Bagan).pdf

Download (608kB)
[img] Text
1. BAB 1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
2. BAB 2.pdf

Download (307kB)
[img] Text
3. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
4. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
5. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
7. Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan, diketahui siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Badegan belum dapat menerapkan konsep, mengklasifikasikan objek, dan memanfaatkan prosedur operasi dengan baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Game Mazelabirin dan Puzzle yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Badegan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Badegan yang berjumlah 34 siswa. Siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Data pemahaman konsep matematika siswa diambil dari hasil tes pemahaman konsep matematika dan data pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi pengelolaan pembelajaran. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes pemahaman konsep dan lembar observasi pengelolaan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning berbantu Game Mazelabirin dan Puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini ditunjukkan dengan semua indikator pemahaman konsep siswa minimal mencapai kategori tinggi. Penerapan ini dimulai dari guru memberikan masalah, siswa berkelompok, kemudian berdiskusi untuk menyelesaikan masalah dengan permainan puzzle atau mazelabirin, selanjutnya hasil diskusi disampaikan di depan kelas, guru memberikan penguatan dan menarik kesimpulan bersama siswa. Peneliti melakukan upaya perbaikan siklus berikutnya dengan cara diawal pembelajaran siswa dimotivasi pentingnya memahami materi dan semangat belajar. Memberikan kolom langkah-langkah penyelesaian pada lembar jawab LKS. Memberikan soal-soal yang membutuhkan pemahaman untuk dapat dikontruksikan dalam bentuk matematika misalnya soal cerita yang berkaitan dengan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Game Mazelabirin dan Puzzle, Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Amanda Candra Pratiwi
Date Deposited: 14 Aug 2020 01:09
Last Modified: 14 Aug 2020 01:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5467

Actions (login required)

View Item View Item