PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII B MTS MUHAMMADIYAH 2 JENANGAN

Pratama, Irfan Veka (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII B MTS MUHAMMADIYAH 2 JENANGAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB 1 L.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB 5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
LAMPIRAN FULL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan model Missouri Mathematic Project dengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. (2)Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui model Missouri Mathematic Project dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yaitu pada tanggal 23 Juli 2019 – 8 Agustus 2019. Peneliitian ini dilaksanakan di MTS Muhammadiyah 2 Jenangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes siswa. Teknik analisis pada penerapan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dengan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dengan pendekatan saintifik melalui perbaikan mengubah cara pembagian kelompok dan memberikan lembar kerja proyek yang menarik dapat meningkatkan kemampuan peemecahan masalah pada siswa. Hasil observasi tingkat aktivitas guru dan aktivitas siswa siklus 1 dengan persentase 56% kemudian di siklus 2 memiliki persentase 72% dan meningkat lagi pada siklus ke 3 yaitu 81%.. Sedangkan untuk hasil soal tes siswa pada siklus 1 untuk meningkatkan pemecahan masalah di dapatkan persentase rata-rata pada siklus 1 55,5%, dan mengalami peningkatan pada siklus 2 dan ke 3 yaitu dengan persentase 65,75% dan 75% dengan ini maka indikator ketercapaian siswa dalam kemampuan pemecahan masalah mencapai kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP), Pendekatan Saintifik
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 00:49
Last Modified: 24 Aug 2020 00:49
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5478

Actions (login required)

View Item View Item