ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLTV

Shanti, Leny Siska (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLTV. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bentuk kesalahan siswa berdasarkan jenis kesalahan Kastolan dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Data penelitian diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal tes penelitian materi SPLTV. Selain soal tes juga dilakukan wawancara untuk memperkuat proses analisis. Terdapat 3 jenis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan JKK yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknikal. Bentuk kesalahan SPLTV siswa pada jenis kesalahan konseptual diantaranya adalah kesalahan dalam memisalkan variabel, kesalahan dalam penulisan persamaan dalam bentuk matematika, serta kesalahan yang berupa penulisan operator ganda. Sedangkan bentuk kesalahan SPLTV siswa pada jenis kesalahan prosedural ialah kesalahan dalam menentukan operasi yang tepat untuk mengeliminasi suatu variabel yang diinginkan. Bentuk kesalahan SPLTV siswa pada jenis kesalahan teknikal adalah kesalahan dalam mengalikan bilangan, salah menuliskan kembali suatu persamaan pada langkah berikutnya, dan kesalahan dalam menghitung nilai dari operasi pengurangan. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal SPLTV mulai dari yang terbesar adalah kesalahan konseptual yang dilakukan hampir seluruh siswa yakni 28 siswa dengan presentase sebesar 96,6%. Jenis kesalahan prosedural yang dilakukan 17 siswa dengan presesntase sebesar 58,6%. Dan jenis kesalahan teknikal yang dilakukan 25 siswa dengan presentase sebesar 86,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis, Jenis Kesalahan menurut Kastolan, Soal Cerita SPLTV
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:23
Last Modified: 24 Aug 2020 02:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5482

Actions (login required)

View Item View Item