UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIIi SMP NEGERI 1 PONOROGO

Irawati, Linda (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIIi SMP NEGERI 1 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Ponorogo (2) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada kelas VIIIi SMP Negeri 1 Ponorogo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan 3 siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan untuk untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi tingkat aktivitas pembelajaran, lembar observasi kemampuan komunikasi matematis lisan, dan lembar post test. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) cocok diterapkan pada siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Ponorogo. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan komunikasi matematis siswa setelah dilakukannya proses pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada proses pembelajaran matematika kelas VIIIi SMPN 1 Ponorogo dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, yang awalnya berada pada kategori rendah dapat berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: NHT dan Komunikasi Matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:23
Last Modified: 24 Aug 2020 02:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item