UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 PONOROGO MENGGUNAKAN METODE INQUIRY BASED LEARNING SETTING GROUP INVESTIGATION

Nikmatul, Novasari (2019) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 PONOROGO MENGGUNAKAN METODE INQUIRY BASED LEARNING SETTING GROUP INVESTIGATION. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan metode inquiry based learning settting group investigation yang dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Ponorogo. (2) Meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Ponorogo setelah diterapkan pembelajaran menggunakan metode inquiry based learning setting group investigation.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 3 siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VIII A SMPN 1 Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 20 perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar angket minat belajar, lembar observasi kegiatan guru, dan lembar observasi kegiatan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif terhadap data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penerapan metode inquiry based learning setting group investigationi dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penerapan metode pembelajaran ini lebih menekankan pada apersepsi, diskusi kelompok, dan presentasi. Dari hasil analisis angket presentase minat belajar siswa mengalami peningkatkan pada tiap siklusnya. Pada siklus 1 minat belajar kategori cukup 46,90% atau 15 siswa, dan minat belajar kategori baik 53,10% atau 17 siswa. Pada siklus 2 minat belajar kategori cukup mengalami penurunan yaitu 12,50% atau 4 siswa, dan minat belajar kategori baik mengalami kenaikan yaitu 87,50% atau 28 siswa. Pada siklus 3 minat belajar kategori cukup 3,12% atau 1 siswa, dan minat belajar siswa kategori baik mencapai 98,88% atau 31 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat, Inquiry Based Learning, Group Investigation
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:22
Last Modified: 24 Aug 2020 02:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5489

Actions (login required)

View Item View Item