PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Irdina, Siti Hafizah (2019) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (994kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Selain itu, untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa daripada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babadan Ponorogo yang terdiri dari enam kelas. Berdasarkan pertimbangan dari guru sekolah, dari enam kelas tersebut dipilih 2 kelas eksperimen sebagai sampel yaitu kelas VIII B dan VIII D. Kelas VIII B diberi perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan kelas VIII D diberi perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan hasil pretest sebagai data awal dan hasil posttest sebagai data akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang telah diuji validitasnya oleh validator dan diuji reliabilitasnya di kelas uji coba. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Talking Stick terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Paired Sample t-Test. Sedangkan untuk menganalisis efektivitas kedua Model Pembelajaran tersebut terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan Uji Mann Withney. Dari analisis data yang telah dilakukan, diperoleh bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Begitu juga dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. Untuk keefektifannya, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match lebih efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Make A Match; Talking Stick; Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:22
Last Modified: 24 Aug 2020 02:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5494

Actions (login required)

View Item View Item