PERAN PUSAT KEGIATAN GUGUS (PKG) DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KECAMATAN PULUNG

Novita, Eri (2019) PERAN PUSAT KEGIATAN GUGUS (PKG) DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KECAMATAN PULUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
LEMBAR AWAL.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran PKG dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru PAUD di Kecamatan Pulung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di PKG Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru PAUD Kecamatan Pulung. Adapun hasil penelitian sebagai berikut : a) PKG berperan dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru PAUD Kecamatan Pulung. b) Kegiatan PKG memfasilitasi guru dalam membuat media pembelajaran bersama. Selain itu juga ada workshop peningkatan mutu kepala dan guru yang menerapkan metode pembelajaran dengan membuat media secara kelompok. Setelah adanya PKG guru lebih variatif dalam menggunakan media pembelajaran. c) PKG sangat membantu dan memudahkan guru dalam menyusun administrasi pembelajaran serta penilaian. Karena dibahas bersama dalam forum dan ada pengarahan dari pengawas atau dari ketua PKG. d) Setelah adanya PKG dalam menyusun administrasi pembelajaran lebih tertib, yang semula administrasi mengacu pada acuan dinas setelah PKG semua kegiatan atau program kegiatan dikembangkan sesuai dengan lembaga masing-masing, kegiatan disesuaikan dengan usia anak dan kurikulum yang mencakup 6 aspek perkembangan anak. e) Setelah adanya PKG dalam menyusun penilaian lebih tertib, terarah, dan spesifik. Format penilaian bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan lembaga masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Pusat Kegiatan Gugus, Guru PAUD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:58
Last Modified: 24 Aug 2020 03:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item View Item