IMPLEMENTASI PERMAINAN BALOK DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI VAN HIELE PADA ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH SUKOSARI BABADAN PONOROGO

Martanti, Ria (2019) IMPLEMENTASI PERMAINAN BALOK DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI VAN HIELE PADA ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH SUKOSARI BABADAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (896kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Permainan Balok Dalam Pembelajaran Geometri Van Hiele Pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Sukosari Babadan Ponorogo. Skripsi Program S1 PG-PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1. M. Fadlillah, M.Pd.I. Pembimbing 2 Dian Kristiana, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan balok dalam pembelajaran geometri Van Hiele pada anak usia dini di BA Aisyiyah Sukosari Babadan Ponorogo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A di BA Aisyiyah Sukosari yang berjumlah 12 siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tekniik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan balok dalam pembelajaran geometri Van Hiele di BA Aisyiyah Sukosari sudah terlaksana dan sesuai tema yang ada di RPPH dengan menggunakan lima tahapan Van Hiele yaitu: 1. Tahap pengenalan. 2. Tahap analisis. 3. Tahap pengurutan. 4. Tahap deduksi. dan 5. Tahap keakuratan. Implementasi permainan balok dalam pembelajaran geometri Van Hiele ini dikemas dengan bermain sambil belajar, karena dengan bermain anak tidak merasa terrbebani untuk belajar dan dengan bermain anak lebih mudah menerima materi pembelajaran. Implementasi permainan balok dalam pembelajaran geometri juga menggunakan metodemetode pembelajaran lainnya, seperti metode demonstrasi, metode bermain dan metode pemberian tugas

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: permainan balok dan geometri anak usia dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:58
Last Modified: 24 Aug 2020 03:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item View Item