PERAN PENGURUS PONDOK PESANTREN DALAM PEMBINAAN KARAKTER KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK THORIQUL HUDA PONOROGO

Ningsih, Ruddat Ilaina Surya (2019) PERAN PENGURUS PONDOK PESANTREN DALAM PEMBINAAN KARAKTER KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK THORIQUL HUDA PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
COVER DAFTAR LAMPIRAN FIKS.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB I BENAR.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II BENAR.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB III BENAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN WORD ILAINA.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peran pengurus pondok pesantren dalam pembinaan karakter kedisiplinan santri di Pondok Thoriqul Huda Ponorogo; 2) Mengetahui bentuk pembinaan karakter kedisiplinan santri di Pondok Thoriqul Huda Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun sumber data primer adalah ketua pondok dan pengurus sie keamanan pondok pesantren Thoriqul Huda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ini adalah reduksi data,penyajian data, penyimpulan data. Hasil dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) peran yang dilakukan pengurus pondok dalam pembinaan karakter kedisiplinan santri yaitu: a)membangunkan santri untuk melakukan sholat jama’ah pada waktu ashar dan subuh; b) membimbing para santri dalam melakukan kegiatan yang ada di Pondok Pesantren; c) menertibkan para santri dalam pemberangkatan kemajelis; d) memberikan sanksi kepada santri yang melanggarperaturan tata tertib pondok; e) memotivasi santri untuk lebih giat belajar di pondok pesantren, adapun peran yang dilakukan pengurus pondok yaitu peran aktif. Selanjutnya hasil penelitian yang ke 2) bentuk pembinaan karakter kedisiplinan santri melalui pendekatan partisipatif, bentuk pembinaannya dibagi menjadi dua yaitu: a) sosialisasi tentang tata tertib pondok ketika santri mendaftar di Pondok dengan disaksikan oleh orang tua; b) sosialisasi rutin atau terprogram setiap satu bulan sekali tepatnya pada minggu ke-empat atau disebut yaumul hisab bagi para santri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengurus pondok, Pembinaan, Karakter kedisiplinan, Santri
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:55
Last Modified: 27 Aug 2020 01:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5527

Actions (login required)

View Item View Item