Winarsih, Sri (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ADAB SEBELUM ILMU UNTUK MEMBENTUK PERILAKU KEMANDIRIAN SISWA DI MI MUHAMMADIYAH 6 NGLEGOK PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
Halaman Depan.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (909kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (652kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Sri Winarsih. 2020. Implementasi Pendidikan Adab Sebelum Ilmu untuk Membentuk Perilaku Kemandirian Siswa Di MI Muhamadiyah 6 Nglegok Ponorogo.Skripisi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (1) Drs Achmad Muslich, M.Si dan Pembimbing (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan, Pendidikan Adab Sebelum Ilmu, Perilaku Kemandirian. Pendidikan merupakan pilar penting dalam kehidupan manusia, yang bertujuan mencerdaskan kehidupan manusia. Melihat kondisi pendidikan zaman sekarang ini banyak guru dan siswa yang hanya mementingkan ilmu akademik saja. Namun sejatinya pendidikan lebih menekankan pada tujuan yang lebih dari itu yakni lebih kepada siswa yang mempunyai karakter unggul atau disebut dengan siswa yang beradab. Seperti halnya di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo ini, siswa dan siswinya membiasakan diri untuk melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pendidikan adab sebelum ilmu di kelas. Dengan menerapkan pendidikan adab seperti ini, guru memiliki harapan untuk siswa supaya dapat semakin meningkatkan mutu pendidikan dan menerapkan pendidikan berbasis adab dengan baik serta siswa memiliki perilaku kemandirian pada kehidupan sehari-hari. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Adab Sebelum Ilmu Untuk Membentuk Perilaku Kemandirian Siswa MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo, Proses Pendidikan dan Hasil Implementasi Pendidikan Adab Sebelum Ilmu Untuk Membentuk Perilaku Kemandirian Siswa MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang berbasis data-data lapangan terkait dengan subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa perencanaan pendidikan adab sebelum ilmu untuk membentuk perilaku kemandirian siswa adalah visi misi yang matang, kesiapan guru dan siswa, kesepakatan anatara orangtua dan madrasah. Penerapan pendidikan adab sebelum ilmu untuk membentuk perilaku kemandirian siswa ialah menyampaikan materi adab, penguatan materi melalui kisah ketika bina kelas, mempraktekkan materi adab, pendampingan guru dan orangtua. Hasil implementasi pendidikan adab sebelum ilmu untuk membentuk perilaku kemandirian siswa yaitu kemandirian spiritual, kemandirian emosional, kemandirian intelektual dan kemandirian sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pendidikan Adab Sebelum Ilmu, Perilaku Kemandirian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 07:01 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 07:01 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5626 |
Actions (login required)
View Item |