Uyun, Nushrat (2020) STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI ORGANISASI ISLAM (Studi Kasus Di Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (853kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (543kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (670kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (494kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Uyun, Nushrat. Strategi Pendidikan Karakter melalui Organisasi (Studi Kasus Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo), Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2019. Pembimbing (I) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag. dan Pembimbing (II) Anip Dwi Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pendidikan, Pendidikan Karakter, Organisasi Islam. Penelitian ini merespon perkembangan dari tantangan bonus demografi, degradasi moral, dan mental pelajar dalam pilar nasional pendidikan karakter, begitu juga yang ada di masyarakat ponorogo membuat adanya respon dari organisasi Islam pelajar yang ikut andil dengan dibuktikan hadirnya pegiat gerakan komunitas dan pegiat kegiatan-kegiatan yang mampu berpikir secara jernih dan kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, dengan kendali emosi optimal yang tetap memperhatikan kearifan lokal ponorogo untuk mewujudkan basis aksi gerakan dakwah, gerakan keilmuan dan gerakan perkaderan yang diinisasi oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo. Strategi pendidikan karakter tidak lagi hanya ada didapat di kelas-kelas bangku sekolah dan juga bangku kuliah saja akan tetapi lebih dari hal itu pendidikan karakter bisa diperoleh dimana saja, oleh siapa saja dan kapan pun tanpa ada batasan. Maka Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo ikut berkontribusi dalam dakwahnya, mendidik dalam keilmuan, dan mewariskan kepada kader- kader untuk estafet kepemimpinan roda organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pendidikan karakter melalui Organisasi Islam di PD IPM Ponorogo, 2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk strategi pendidikan karakter melalui organisasi Islam yang ada di PD IPM Ponorogo, 3) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung serta menghambat strategi pendidikan karakter melalui organisasi Islam yang ada di PD IPM Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo memiliki strategi aksi gerakan dakwah, keilmuan dan perkaderan dengan bentuk komunitas Qolamul Qur’an, Komunitas Gubuk Literasi, kegiatan kajian, Ngaji bersama, pelatian da’I, diskusi, bedah buku, pelatihan jurnalistik, workshop, seminar, menulis buku antologi “Manifestasi Rasa: Rasa ini Belum Berakhir”, pelatihan taruna melati, pelatihan fasilitator pendamping, mabica, fortasi dan juga membentuk korps fasilitator pendamping.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pendidikan, Pendidikan Karakter, Organisasi Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 03:01 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 03:01 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5628 |
Actions (login required)
View Item |