Rochman, Nur (2020) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PERGURUAN PENCAK SILAT (STUDI KASUS DI PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE RAYON BETON, RANTING SIMAN, CABANG PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
Halaman Depan..pdf Download (905kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (284kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (978kB) |
Abstract
ABSTRAK Rochman, Nur. 2020. Nilai Pendidikan Islam Pada Perguruan Pencak Silat (Studi kasus di Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Beton, Ranting Siman, Cabang Ponorogo). Skripsi Program Strata Satu (S-1), Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Dr. Happy Susanto, MA. Dan Pembimbing (II) Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Pencak Silat, Persaudaraan Setia Hati Terate Pada era globalisasi saat ini, sangatlah penting menerapkan kepada siswa untuk mengenal nilai pendidikan Islam. Nilai pendidikan tersebut yaitu aqidah, akhlak dan ibadah. Selain lembaga formal yang telah menerapkan pendidikan Islam, lembaga non formal juga telah menerapkan nilai pendidikan tekait aqidah akhlak dan ibadah. Salah satu bentuk lembaga non formal yaitu organisasi pencak silat. Di daerah peneliti ada perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate yang berada di Rayon Beton, Ranting Siman, Cabang Ponorogo. Hal tersebut menjadikan peneliti menjadi tertarik untuk meneliti di perguruan tersebut sehingga tertarik mengambil penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengimplementasikan nilai pendidikan Islam yaitu aqidah, akhlak, dan ibadah di organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Beton, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai pendidikan Islam yaitu aqidah, akhlak dan ibadah dalam organisasi pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Beton. Jenis metode penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Suatu jenis penelitian yang mana menggali sebuah informasi yang diperoleh dari sebuah sumber bisa berupa wawancara individu atau kelompok organisasi, maupun dari hasil penelitian yang telah dilakukan dilingkungan tersebut mengenai masalah yang ingin dipecahkan atau memperoleh dokumen atau data dari tempat yang diteliti. Hasil temuan penelitian ini adalah: (1) Implementasikan nilai pendidikan Islam di PSHT Rayon Beton dalam aspek aqidah yaitu dalam hal memaknai sebuah kegiatan atau atribut di SH Terate; selalu berpegang teguh dengan sumpah dan janji sebagai warga PSHT. Dalam aspek akhlak yaitu meminta restu kepada orang tua sebelum mengikuti latihan; pengadaan sungkem sebelum acara pengesahan. Dalam aspek ibadah yaitu melaksanakan kajian rutin; mengadakan kegiatan khataman setiap malam 1 Muharram (Suro dalam istilah Jawa); ikut serta dalam kegiatan BRB (Bumi Reog Berdzikir); melaksanakan tirakat sholat malam dan berzikir (2) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan nilai pendidikan Islam dalam organisasi pencak silat PSHT Rayon Beton yakni lingkungan dalam latihan, warga atau diri sendiri dan memiliki sudut pandang yang sama mengenai nilai-nilai pendidikan Islam. Untuk faktor penghambatnya adalah lingkungan luar latihan, rasa malas, dan pola pikir yang tidak konsisten.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Islam, Pencak Silat, Persaudaraan Setia Hati Terate |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 03:29 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 03:29 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5629 |
Actions (login required)
View Item |