ARRUM MUSTIKA, NOVI (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
Sampul depan dll.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
jurnal Model ARIAS Novi Arrum.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text
BAB I Novi Arrum.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
Text
BAB II Novi Arrum.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text
BAB III Novi Arrum.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
Text
BAB IV Novi Arrum.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
||
Text
BAB V Novi Arrum.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS), motivasi, hasil belajar. Pembelajaran yang kurang menarik dan dinamis menyebabkan rendahnya motivasi belajar, akibatnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Bungkal juga rendah pada pelajaran matematika. Salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Bungkal dengan menggunakan model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS). Yang akan menjadi subjek dalam penelitian ini adalah SMP negeri 2 Bungkal kelas VIIIB dengan jumlah siswa 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dalam pelaksanaannya model pembelajaran ARIAS pada tahap assurance guru membangkitkan rasa percaya diri siswa diantaranya dengan memberikan motivasi, pada tahap relevance guru menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan manfaat dalam kehidupan sehari- hari, pada tahap interest guru menggunakan media belajar berua alat peraga untuk menarik minat siswa dan menggunakan LKS sebagai panduan dalam pembelajaran, pada tahap assessment guru dan siswa melakukan evaluasi terhadap hasil pembelajaran, setelah dilakukan evaluasi pada tahap satisfaction diharapkan dapat menimbulkan rasa bangga dalam diri siswa tas apa yang telah ia capai. Model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Bungkal kelas VIII tahun pelajaran 2012/ 2013. Hal ini dapat dilihat pada siklus I hasil belajar kognitif dengan presentase ketuntasan 34,78%, afektif 66,41%, psikomotoriknya baik, rata-rata observasi pelaksanaan pembelajaran 88,89%, rata- rata motivasi siswa tinggi yaitu sebesar 3,58. Pada siklus II hasil belajar kognitif dengan presenase ketuntasan 75%, afektif 81,67%, rata-rata observasi pelaksanaan pembelajaran 72,22%, rata- rata motivasi siswa tinggi yaitu sebesar 4,13. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment dan Satisfacion (ARIAS) dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 20 May 2014 02:03 |
Last Modified: | 20 May 2014 02:03 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/563 |
Actions (login required)
View Item |