PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR ISLAM ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN AJARAN 2013/2014

HARTINI, BUDI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR ISLAM ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN SKRIPSI.docx

Download (195kB)
[img] Text
2. BAB I-V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Upaya Guru Agama dan Peningkatan Kualitas PAI Pendidikan Agama diberikan agar dapat membimbing peserta didik ke arah pembentukan kepribadian secara sistematis dan pragmatis. Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan sebagai kontrol pribadi untuk menjadi muslim sejati, Oleh karena itu, kualitas perlu ditingkatkan agar peserta didik menjadi muslim yang sejati, beriman, beramal sholeh, berakhlak mulia serta berguna bagi masyarakat, agama dan negara. Pembahasan dalam penelitian ini, bertujuan, untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Arrisalah Slahung Ponorogo, Untuk mendeskripsikan factor penghambat guru dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui cara mengatasi hambatan guru dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Arrisalah Slahung Ponorogo. Dalam Penelitian ini, rumusan masalahnya adalah, Bagaimana penggunaan media gambar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Arrisalah Slahung Ponorogo. Bagaimana prestasi Pendidikan Agama Islam santri Sekolah Dasar Islam Arrisalah Slahung Ponorogo. Bagaimana pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Arrisalah Slahung Ponorogo. Jenis Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Kuantitatif. Data yang diperoleh adalah dari Guru Agama, Kepala SD Islam Arrisalah, Komite SD Islam Arrisalah, dana masyarakat sekitar SD Islam Arrisalah. Semua data diperoleh melalui wawancara sebagai teknik utama, serta observasi. Angket dan Tes formatif sebagai teknik pelengkap. Berdasarkan analisis data, maka dapat penulis simpulkan sebagai berikut: Yang pertama, penggunaan media gambar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Arrisalah Slahung Ponorogo perlu adanya peningkatan sehingga santri lebih merasa senang dan memahami dalam belajar. Kedua, prestasi Pendidikan Agama Islam santri Sekolah Dasar Islam Arrisalah Slahung Ponorogo sudah dapat dikatakan baik meskipun ketertarikan siswa untuk mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar dapat dikategorikan kurang. Dan yang ketiga, pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Arrisalah Slahung Ponorogo dapat disimpulkan lemah. Terbukti bahwa pembelajaran yang menggunakan media gambar belum mampu mendongkrak nilai siswa secara lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 12 Jan 2015 02:44
Last Modified: 12 Jan 2015 02:44
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item