IMPLEMENTASI METODE TASMI’ DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUT TILAWAH MUNENG BALONG PONOROGO

Iswanto, Toto (2020) IMPLEMENTASI METODE TASMI’ DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUT TILAWAH MUNENG BALONG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI - 1. HALAMAN DEPAN - TOTO ISWANTO - 15111971.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI - 2. BAB I - TOTO ISWANTO - 15111971.pdf

Download (305kB)
[img] Text
SKRIPSI - 3. BAB II - TOTO ISWANTO - 15111971.pdf

Download (487kB)
[img] Text
SKRIPSI - 4. BAB III - TOTO ISWANTO - 15111971.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
SKRIPSI - 5. BAB V - TOTO ISWANTO - 15111971.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
SKRIPSI - 6. BAB IV - TOTO ISWANTO - 15111971.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
SKRIPSI - 7. DAFTAR PUSTAKA - TOTO ISWANTO - 15111971.pdf

Download (269kB)
[img] Text
SKRIPSI - 8. LAMPIRAN - TOTO ISWANTO - 15111971.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)

Abstract

Abstrak Toto Iswanto,. 2019. Implementasi Metode Tasmi’ Dalam menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darut Tilawah.Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pondok Pesantren Darut Tilawah Muneng Balong Ponorogo adalah merupakan salah satu Pondok Tahfidz Al Qur’an di Ponorogo, yang berlokasi di bagian selatan Kota Ponorogo. Pondok Pesantren Darut Tilawah mendidik santri untuk menjadi penghafal Qur’an. Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam. Al-Qur’an dijadikan sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. Banyak metode yang digunakan untuk menghafal Qur’an, salah satu metodenya adalah metode tasmi’. Tasmi’ mempunyai arti mendengar, sehingga dalam metode ini merupakan kegiatan memperdengarkan bacaan untuk dihafalkan baik secara perseorangan maupun berjamaah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah implementasi metode tasmi’ dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darut Tilawah Muneng Balong Ponorogo ? (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat implementasi metode tasmi’ di Pondok Pesantren Darut Tilawah Muneng Balong Ponorogo? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan metode tasmi’ dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darut Tilawah Muneng Balong Ponorogo. Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode tasmi’ dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Darut Tilawah Muneng Balong Ponorogo. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Disusun untuk menganalisa penerapan metode pembelajaran hafalan Tasmi’ yang dalam menghafal Al-Qur’an kepada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darut Tilawah Muneng Balong Ponorogo dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat proses hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darut Tilawah Muneng Balong Ponorogo. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode tasmi’ menjadi metode yang tepat untuk diterapkan di pondok pesantren tersebut karena dapat disesuaikan dengan kondisi dan target hafalan santri. Pencapaian keberhasilan metode tasmi’ juga dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung tersebut meliputi (a) keterlibatan ustadz, (b) sarana prasarana, (c) motivasi orang tua dan ustadz, dan (d) memiliki target hafalan. Sementara faktor penghambat keberhasilan metode tasmi’ yaitu (a) tidak sesuainya dengan jadwal, (b) kurang siapnya santri untuk mengikuti tasmi’, dan (c) kurangnya rasa percaya diri pada santri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an, Metode Tasmi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Jan 2021 03:33
Last Modified: 04 Jan 2021 03:33
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5642

Actions (login required)

View Item View Item