Nurul Istiqomah, Ikhwana (2020) MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH RENDAH BERSEPADU MUSA ASIAH (SERPAMA) SVAYKHLEANG, KAMBOJA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (262kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ikhwana Nurul Istiqomah, 2020. Model Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Bersepadu Musa Asiah Svay Khleang Kamboja. Skripsi Program Strata Satu (S-1), Prodi Pendidika Agama Islam Fakultas Agama Islam Univesitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (1) Katni M.Pd, (II) Sigit Dwi Laksana M.Pd.I Kata Kunci: Model, Penanaman Nilai-Nilai, Pendidikan Agama Islam Pendidikan agama islam khususnya di daerah Svay Khleang, Krouch Chmar Kamboja. Mulai berkembang dengan adanya sekolah bersepadu Musa Asiah (SERPAMA) karena hingga saat ini Lembaga ini merupakan satu-satunya yang memiliki kurikulum pendidikan agama. Oleh karena itu kurikulum yang ada diseleraskan dengan model yang diterapkan untuk penanaman niai-nilai pendidikan agama Islam bagi peserta didik. Agar sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam memiliki beberapa aspek yaitu dalam segi aqidah, ibadah, akhlak, dan faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dalam prosesnya mengamati, menyelidiki, menguraikan data yang dilapangan. Dengan mengumpulkan data-data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, mengenai model penanaman nilai-nilai Pendidikan agama islam di SERPAMA pada aspek aqidah, ibadah, akhlak kemudian juga mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian di SERPAMA, menunjukan model yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Pada aspek aqidah terdapat beriman kepada Allah SWT, malaikat, Kitab, Nabi, hari kiamat, serta takdir. Sedangkan pada aspek ibadah seperti shalat, membaca Al-Qur’an, berwudlu, berpuasa, dan lain-lain. Kemudian pada aspek akhlak sebagai wujud dari ilmu yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua aspek dengan melakukan model habituasi yang didalamnya terdapat proses berpikir, merekam, menghafal, mengulang kegiatan sehingga menjadi kebiasaan. Pada prosesnya ustadz-ustadzah juga mengajarkan mengenai hal-hal baik, agar peserta didik mampu merasakan manfaat kebaikan, kemudian mampu mengamalkan ilmi yang sudah didapatkan agar bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model, Penanaman Nilai-Nilai, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 06:52 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 06:52 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5654 |
Actions (login required)
View Item |