STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH 12 DESA NGAMPEL KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO

Santoso, Agung (2020) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH 12 DESA NGAMPEL KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Santoso, Agung. 2020. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 12, Desa Ngampel, Desa Ngampel, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (1) Dr.Nurul Iman, Lc,M. HI, (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Guru , Anak, Kesulitan Belajar Al-Qur’an Hadits Menuntut ilmu agama islam merupakan hal yang sangat penting bagi anak usia dini. Ilmu Pendidikan Islam bersumber dari Al-Qur’an dan Al Hadits, yang diajarkan, dibinakan, dan dibimbingkan kepada manusia sebagai peserta didik dengan menerapkan metode serta pendekatan yang Islami dan bertujuan membentuk peserta didik yang berkepribadian muslim. Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 12 Ngampel sebagai lokasi penelitian yaitu karena madrasah tersebut memiliki keunggulan antara lain, guru Al Qur’an Hadits di sana telah menerapkan strategi pembelajaran yang variatif, yaitu dengan menggunakan metode, media, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan harapan orang tua peserta didik, yang mana peserta didik dapat lebih mudah dalam menerima materi yang telah guru sampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami peserta didik, dan mengetahui faktor apa yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik serta untuk mengetahui apa saja usaha guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 12 Desa Ngampel. Peneliti dalam menggali informasi ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengambil tempat di MI Muhammadiyah 12 yang terletak di Ngampel Balong Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kesulitan belajar yang di alami peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 12 Desa Ngampel Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo yaitu peserta didik tidak bisa menulis, membaca dan menghafal pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Faktor yang memengaruhinya yaitu dari faktor intern (Faktor dari dalam diri manusia itu sendiri), diantaranya: peserta didik kecapekan dan kurangnya kesadaran belajar pada diri mereka. Sedangkan faktor ekstern (Faktor dari luar peserta didik), diantaranya: keluarga, lingkungan yang kurang inters /baik, dan kurangnya kebiasaan untuk membaca Al-Qur’an ketika di rumah. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, dapat dilakukan dengan cara mengatur strategi, metode, media, dan teknik yang sesuai dengan masalah yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru , Anak, Kesulitan Belajar Al-Qur’an Hadits
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 06 Jan 2021 01:26
Last Modified: 06 Jan 2021 01:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item