Rochayati, Fitri (2020) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS BELAJAR HOMOGEN TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI DARUL FIKRI PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (611kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (452kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengelolaan Kelas Belajar Homogen terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik di MI Darul Fikri Ponorogo” ini ditulis oleh Fitri Rochayati, NIM. 16150261 dibimbing oleh Dr. Syarifan Nurjan, MA dan Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci: Pengelolaan kelas, Belajar, Kelas Homogen, Konsentrasi Belajar Pengelolaan kelas belajar di MI Darul Fikri unik dan berbeda dengan sekolah-sekolah lain. MI Darul Fikri merupakan sekolah yang menerapkan pola kelas belajar homogen gender dan terdapat satu kelas spesial dengan pola kelas belajar heterogen gender. Diketahui bahwa pengelompokan kelas belajar memiliki pengaruh positif bagi peserta didik yaitu hasil belajar peserta didik pada kelas belajar homogen lebih baik dibandingkan dengan kelas belajar heterogen. Skripsi ini merupakan penelitian jenis kuantitatif yang memiliki tujuan yaitu (1) Untuk mengetahui pengelolaan kelas belajar homogen di MI Darul Fikri Ponorogo; (2) Untuk mengetahui konsentrasi belajar peserta didik pada pengelolaan kelas belajar homogen di MI Darul Fikri Ponorogo; (3) Untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas belajar homogen terhadap konsentrasi peserta didik di MI Darul Fikri Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas III, IV, dan V MI Darul Fikri Desa Bringin Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 139 peserta didik dengan jumlah rombongan belajar (rombel) sebanyak 7 rombel. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Proportionate stratified random sampling yang kemudian diperoleh sampel yang representatif sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) ditemukan bahwa pengelolaan kelas belajar homogen di MI Darul Fikri termasuk dalam kategori baik, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis deskriptif yang menunjukkan frekuensi tertinggi dari penilaian 100 responden berada pada kategori baik yaitu sebanyak 70 peserta didik atau prosentasenya sebesar 70% dengan rentang nilai (80,71 ≤ X < 98,52); (2) ditemukan bahwa konsentrasi belajar peserta didik pada pengelolaan kelas belajar homogen di MI Darul Fikri termasuk dalam kategori baik, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis deskriptif yang menunjukkan frekuensi tertinggi dari penilaian 100 responden berada pada kategori baik yaitu sebanyak 70 peserta didik atau prosentasenya sebesar 70% dengan rentang nilai (79,54 ≤ Y < 95,89); (3) terbukti bahwa terdapat pengaruh pengelolaan kelas belajar homogen terhadap konsentrasi belajar peserta didik di MI Darul Fikri Ponorogo dengan hasil perhitungan nilai (〖t 〗_hitung sebesar 18.789 > 〖t 〗_tabel 1,984) dan (nilai signifikansi 0.000 < 0.05) maka Ha diterima. Dengan hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas belajar homogen dengan konsentrasi belajar yaitu sebesar 78,3%.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan kelas, Belajar, Kelas Homogen, Konsentrasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 02:35 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 02:35 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5664 |
Actions (login required)
View Item |