Marwanto, Marwanto (2020) KONSEP PENDIDIKAN IMAN PADA ANAK MENURUT MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
01 HALAMAN DEPAN.pdf Download (994kB) |
|
Text
02 SKRIPSI MARWANTO BAB I.pdf Download (589kB) |
|
Text
03 SKRIPSI MARWANTO BAB II.pdf Download (826kB) |
|
Text
04 SKRIPSI MARWANTO BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
Text
05 SKRIPSI MARWANTO BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text
06 SKRIPSI MARWANTO BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
Text
07 SKRIPSI MARWANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
Abstract
ABSTRAK Marwanto. Konsep Pendidikan Iman Pada Anak Menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Dr. Happy Susanto, MA (II) Anip Dwi Saputro, M.Pd.I Kata kunci: Pendidikan Islam, Pendidikan iman pada anak, Muhammad Suwaid Islam adalah agama yang sempurna, petunjuk bagi manusia, tidak ada kekurangan sedikitpun di dalamnya. Termasuk dalam hal pendidikan, Islam telah memberikan panduan kurikulum pendidikan melalui al-Qur’an dan Sunnah. Tujuan daripada kurikulum tersebut agar anak menjadi pribadi yang kuat serta dapat mengemban amanah di muka bumi ini. Peran keluarga dalam pendidikan iman sangat utama guna mempersiapkan generasi agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Generasi tidak akan kokoh dan tangguh dalam menghadapi tantangan yang menimpa dirinya, karena itu pendidikan iman harus benar-benar tertancap dengan kuat. Pemikiran tentang pendidikan iman dalam karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid sangat menarik dan rinci yang memberikan penjelasan dan metode pendidikan iman pada anak. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan konsep pendidikan iman pada anak dan metode pendidikan iman pada anak yang digunakan untuk merealisasikan konsep ini menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang disajikan secara kualitatif, dengan menganalisa buku-buku atau teks yang berkaitan dengan Muhammad Suwaid. Adapun penelitian buku utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid yaitu Mendidik Anak Bersama Nabi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengkaji, menelaah buku, tulisan yang memiliki relevansi dengan tema pokok dalam penelitian ini, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif dari buku MS. Kaelan yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, beberan data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini yakni: 1) Pendidikan iman pada anak menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid harus diajarkan sejak usia kanak-kanak, karena pada fase tersebut merupakan fase terpanjang dalam perjalanan hidup karena pada masa ini merupakan masa emas. Adapun secara garis besar materi pendidikan iman pada anak menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid yaitu dengan mendikte anak dengan kalimat tauhid, mencintai Allah dan merasa diawasi oleh-Nya, memohon pertolongan kepada-Nya serta iman kepada qadha’dan qadar, menanamkan kecintaan kepada nabi, mengajarkan al-qur’an kepada anak serta menanamkan akidah yang kuat dan rela berkorban denganya. 2) Dalam implementasi atau penerapan pendidikan iman pada anak Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid memberikan beberapa metode yakni keteladanan, menceritakan kisah, berdialog dan pengalaman praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Pendidikan iman pada anak, Muhammad Suwaid |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 04:02 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 04:02 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5671 |
Actions (login required)
View Item |