Shodiqul Azmi, Muhammad (2020) IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SDIT AL-USWAH MAGETAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (442kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (460kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
Abstract
ABSTRAK Azmi Muhammad Shodiqul. 2020. Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Di SDIT Al-Uswah Magetan.Skripsi.Program Strata Satu (S-1), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Nuraini, M.Pd.I (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi, Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena penggunaan metode talaqqi yang memberikan kemudahan pada siswa dalam proses menghafalkan Al-Qur’an di SDIT Al-Uswah Magetan. Penerapan metode talaqqi memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan hafalan siswa di SDIT Al-Uswah Magetan, sehingga dapat menjadi alat efektif untuk mencapai tujuan pengajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah(1) Bagaimana Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Uswah Magetan?(2) Bagaimana Hasil Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Uswah Magetan? (3) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Uswah Magetan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan hasil implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an serta mengetahui berbagai faktor pendukung maupun penghamabat dalam implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Uswah Magetan. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapngan yang menggunakan jenis pendekatan kualitatif.Data yang dikumpulkan menggunakan observasi dari partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Sedangkan, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu beberapa uraian dan gambaran data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Uswah Magetan berjalan dengan sangat baik, 2) Hasil Implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Uswah Magetan yaitu sangat sesuai dengan kebutuhan siswa, ketersediaan fasilitas pembelajaran, dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah dibuat., 3) Faktor pendukung implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an yaitu meliputi, ketersediaan sumber daya manusia (guru pendamping tahfidz yang sudah tersertifikasi), tersedianya medi apembelajaran berupa speaker aktif, dan sarana prasarana yang memadai yakni fasilitas ruang kelas yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kuantitas guru yang kurang seimbang dengan jumlah siswa, kurang jelas dalam menerangkan materi, niat siswa dan kurangnya dukungan orangtua.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 01:24 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 01:24 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5675 |
Actions (login required)
View Item |