KONSEP PENDIDIKAN AKIDAH ISLAMIYAH MENURUT ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN

Vianto, Riska (2020) KONSEP PENDIDIKAN AKIDAH ISLAMIYAH MENURUT ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
01 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (887kB)
[img] Text
02 SKRIPSI RISKA VIANTO BAB 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
03 SKRIPSI RISKA VIANTO BAB 2.pdf

Download (392kB)
[img] Text
04 SKRIPSI RISKA VIANTO BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
05 SKRIPSI RISKA VIANTO BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
06 SKRIPSI RISKA VIANTO BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
07 SKRIPSI RISKA VIANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
08 SKRIPSI RISKA VIANTO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Vianto, Riska. Konsep Pendidikan Akidah Islamiyah Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (1) Dr. Happy Susanto, MA (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Islam adalah agama monoteisme yakni agama tauhid. Dimana tauhid bermakna mengesakan sang pencipta Allah SWT tanpa ada makhluk yang berhak disembah selainya. Pendidikan tauhid atau pendidikan akidah merupakan pendidikan utama bagi setiap muslim. Kesadaran akan pentingya pendidikan akidah merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan akidah pada anak. Dengan demikian, perlunya orang tua maupun tenaga pendidik mempelajari konsep pendidikan akidah Islamiyah dengan sebaik mungkin supaya seorang anak dapat mempelajari akidah dengan mudah karena ada kontrol dan bimbingan baik dari orang tua maupun pendidik. Pemikiran tentang Akidah Islamiyah dalam karya Abdullah Nashih ‘Ulwan sangat menarik dan rinci yang memberikan penjelasan dan metode pendidikan Akidah Islamiyah bagi umat Islam. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan konsep pendidikan akidah, metode pendidikan yang akan digunakan untuk meralisasikan konsep ini, serta faktor yang mendukung konsep pendidikan akidah menurut Abdullah Nashih Ulwan. Penelitian ini merupakan penelitian (Library Research dengan pengumpulan data yang bersifat kepustakaan, seperti halnya buku, majalah, naskah, jurnal, kisah, dokumen, dan lain sebagainya. Adapun penelitian buku utama yang digunakan dalam penelitian ini adalaha karya Abdullah Nashih ‘Ulwan yakni dalam kitab Tarbiyah Ruhiah maupun Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Metode analisis data menggunakan metode hermeneutik dan interprestasi serta historis. Hasil temuan penelitian ini yakni: 1) Konsep pendidikan akidah Islamiyah menutut Abdullah Nashih ‘Ulwan adalah pendidikan utama bagi seorang muslim adalah pendidikan ketauhidan dengan pokok-pokoknya ada pada rukun iman yang berfungsi untuk membentengi dan menguatkan keimanan muslim, pendiidkan ini harus diajarkan sejak dini tanpa akhir sepanjang hidup manusia, setiap indiidu adalah da’I untuk mengajarkan akidah Islamiyah pada orang lain. 2) metode pendidikan Aqidah Islamiyah menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan, adalah membuka kehiudpan anak dengan tahuid, keteladanan, pembiasaan, pengetahuan tentang syariat halal-haram, dan perintah untuk beribadah, perintah anak untuk beribadah. 3) Orang tua dan guru diharuskan menguasai metode pendidikan. Setelah pendidikan akidah telah dilaksanakan, kewajiban berikutnya adalah merawat akidah pada dirinya supaya tetap kuat menancap dalam keyakinanya, hal ini dipengaruhi oleh faktor kepekaan jiwa dengan muraqabah, mengingat kematinan dan hidup setelahnya, serta membayangkan hari akhir. Sedangkan faktor amaliyah dengan memperbanyak tilawah al-Quran, dan meneladani Rasulullah lewat membaca sirahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, anak, Akidah Islamiyah, Abdullah Nashih ‘Ulwan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:34
Last Modified: 07 Jan 2021 03:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item View Item