PENGARUH PEMBIASAAN BERJABAT TANGAN TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK MADRASAH IBTIDAIYYAH (MI) DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO

Fathonah, Siti (2020) PENGARUH PEMBIASAAN BERJABAT TANGAN TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK MADRASAH IBTIDAIYYAH (MI) DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB-I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB-II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fathonah, Siti. 2020. Pengaruh Pembiasaan Berjabat Tangan Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Anak MI Darul Fikri Bringin Kauman Ponorog. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Dr. Syarifan Nurjan, MA, (II) Anip Dwi Saputro M. Pd Kata Kunci: Pembiasaan Berjabat Tangan, Kedisiplinan Pembiasaan berjabat tangan yang dilakukan di MI Darul Fikri sangat berbeda dengan sekolah lain, disini pembiasaan yang dilakukan adalah dengan cara guru berangkat lebih awal dan beliau berbaris didepan gerbang sekolahan guna memnyambut anak-anak yang akan datang. Dengan begitu anak yang sering terlambat maka dengan sendirinya mereka akan merubah jadwal berangkatnya menjadi sangat pagi dari sebelumnya. Skripsi ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif yang mempunyai tujuan (1) Untuk mengetahui pembiasaan jabat tangn di MI Darul Fikri, (2) Untuk mengetahui kedisiplinan anak di MI Darul Fikri, (3) Untuk mengetahui pengaruh pembiasaan jabat Tangan Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Anak MI Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode observasi, sebar angket dan dokumentasi. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Peneliti dalam mengukur variabel penelitian peneliti melakukan uji instrumen terlebih dahulu, yaitu dengan cara uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan dalam mengukur pengaruh dari kedua variabel tersebut menggunakan rumus korelasi dan regresi linier sederhana. Dengan melibatkan populasi seluruh anak kelas III, IV dan V di MI Darul Fikri Desa Bringin Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 140 anak dengan pembagian rombongan Belajar sebanyak 7 rombel. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengambilan sampel adalah Random Sampling sehingga peneliti dapatakan sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pembiasaan jabat tangan yang ada di MI Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo tergolong masuk dalam kategori “Baik”, hal ini dapat dibuktikan dengan prosentase tanggapan responden terhadap pembiasaan jabat tangan sebesar 74%. (2) Kedisiplinan anak di MI Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo tergolong “Sangat Baik” hal ini mampu dibuktikan dengan prosentase tanggapan dari responden sebesar 58%. (3) Berdasarkan hasil uji analisis regresi sederhana maka pembiasaan jabat tangan terhadap peningkatan kedisiplinan anak MI Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo mempunyai pengaruh positif dan juga signifikan terhadap kedisiplinan anak anak dengan hasil uji koeffisien determinasi (R square) yakni mendapatkan nilai korelasi R sebesar 0,390 , di sini bisa diartikan prosentase sumbangan pegaruh pembiasaan jabat tangan terhadap peningkatan kedisiplinan anak MI Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo 39,0%. Serta dari faktor lain yang tidak dituliskan adalah sebesar 61,0%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Berjabat Tangan, Kedisiplinan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 07 Jan 2021 05:54
Last Modified: 07 Jan 2021 05:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5686

Actions (login required)

View Item View Item