STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM (Studi Kasus di MI Alam Islamic Center Ponorogo)

Sujito, Sujito (2020) STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM (Studi Kasus di MI Alam Islamic Center Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sujito. 2020 “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Alam (Studi Kasus di MI Alam Islamic Center Ponorogo)”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo Pembimbing (I) Nuraini, M.Pd.I dan Pembimbing (II) Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Motivasi Siswa, Pembelajaran Berbasis Alam. Perkembangan teknologi di era ini semakin canggih, sehingga menjadi salah satu penyebab berpalingnya peserta didik dari belajarnya dan motivasi belajar peserta didik semakin menurun. Salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu MI Alam Islamic Center Ponorogo memiliki program pembelajaran yang kreatif yaitu metode pembelajaran berbasis alam. Metode pembelajaran berbasis alam merupakan salah satu strategi yang digunakan MI Alam Islamic Center Ponorogo untuk menjaga dan meningkatkan motivasi belajar siswa agar terus bersemangat dalam belajar dan mencapai target yang telah direncakan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis alam. (2) Untuk mengetahui strategi peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis alam di MI Alam Islamic Center Ponorogo. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar berbasis alam di MI Alam Islamic Center Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa: (1) Strategi dalam meningkatkan motivasi dilakukan dengan beberapa strategi salah satunya adalah pendekatan internal dan eksternal. (2) Munculnya rasa ingin tahu siswa terhadap alam sehingga lebih semangat dalam belajar. (3) Faktor pendukung berupa tempat yang strategis, pengenalan lembaga melalui siaran radio, adanya kegiatan kemasyarakatan dan faktor penghambat adalah terbatasnya lahan pembangunan lembaga, dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap lembaga berbasis alam.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi, Motivasi Siswa, Pembelajaran Berbasis Alam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:33
Last Modified: 07 Jan 2021 06:33
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5689

Actions (login required)

View Item View Item