PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK (STUDI KASUS DI MI MUHAMMADIYAH 1 SIMO JENANGAN PONOROGO)

Sulisetyawati, Sulisetyawati (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK (STUDI KASUS DI MI MUHAMMADIYAH 1 SIMO JENANGAN PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
01_Halaman Depan.rtf

Download (201MB)
[img] Text
2. BaB 1.pdf

Download (512kB)
[img] Text
3. BaB 2.pdf

Download (545kB)
[img] Text
4. BaB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
5. BaB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text
6. BaB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sulisetyawati, 2020. Penerapan pembelajaran tematik integrtif untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik (studi kasus di MI Muhammadiyah 1 Simo Jenangan Ponorogo) Skripsi Program Strata Satu (S-1) S1, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (1) Katni, M.Pd.I (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran, Tematik Integratif, Kecerdasan Kinestetik. Pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar merupakan langkah awal dalam upaya mengembangkan konsep-konsep yang terdapat pada kehidupan sehari-hari. Pembelajaran tematik mengacu pada pembelajaran berbasis siswa sehingga keterlibatan siswa dapat meningkatkan kecerdasan terutama kecerdasan kinestetik. Pembelajaran tematik integratif di MI Muhammadiyah 1 Simo Jenangan Ponorogo dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti metode, strategi pembelajaran sehingga peneliti berkeinginan meneliti penerapan pembelajaran tematik integratif yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah 1 Simo Jenangan Ponorogo. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran tematik integratif, bagaimana penerapan pembelajaran tematik integratif dan apa kelemahan dan kelebihan pembelajaran tematik integratif. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran tematik integratif dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik, penerapan pembelajaran tematik integratif untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik dan kelebihan dan kelemahan pembelajaran tematik inegratif yang diterapkan di MI Muhammadiyah 1 Simo Jenangan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil data dari siswa MI Muhammadiyah 1 Simo Jenangan Ponorogo sebagai objek penelitian, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menggali data yang diperlukan dalam penelitian. Hasil penelitian yang peneliti temukan adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran tematik integratif diawali menentukan tema, menyesuaikan tema sesuai dengan kurikulum sekolah, menyiapkan materi, alat peraga dan perangkat pembelajaran serta pembelajaran aktif (2) Penerapan pembelajaran tematik integratif meliputi penataan tempat bersifat kondisional, pembagian kelompok belajar, kegiatan belajar menyesuaikan tema, media pembelajaran seadanya (3) Kelebihan pembelajaran tematik integratif adalah Pengalaman siswa bertambah dengan pembelajaran diluar kelas, meningkatnya kreatifitas siswa, siswa mampu menyelesaikan permasalahan, siswa dapat melakukan pembelajaran diluar dengan adanya learning by doing, sosial siswa mulai terbentuk dengan adanya interaksi kedua belah pihak. Adapun kelemahannya pembelajaran tematik integratif memerlukan bahan bacaan yang kompleks, terbatasnya media pembelajaran di sekolah.dan rendahnya kepercayaan diri siswa pada aspek pengembangan kecerdasan kinestetik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tematik Integratif, Kecerdasan Kinestetik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:38
Last Modified: 07 Jan 2021 06:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5690

Actions (login required)

View Item View Item